3.4.21

Permasalahan Lingkungan disekitar Kita

 TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Oleh : Bayu Pratama (19310410022)




Sampah sudah menjadi masalah yang klasik bagi setiap Negara di seluruh dunia ini. Hampir semua Negara memiliki masalah dalam mengatasi timbunan sampah yang jumlahnya terus meningkat  setiap hari. Masalah ini menjadi fokus utama karena berkaitan dengan kondisi lingkungan suatu negara. Oleh karena itu, saat ini banyak negara yang telah memulai program re-use dan re-cycle atas sampah - sampah yang ada untuk menanggulangi masalah ini. Upaya 3R merupakan tindakan untuk mengatasi masalah lingkungan yang bertujuan agar lingkungan menjadi bersih dan sehat.

Di negeri kita sendiri, sampah adalah permasalahan yang tak kunjung menemukan penyelesaian. Meskipun pemerintah kita juga melaksanankan program re-use dan re-cycle, namun permasalahan lingkungan dan sampah di negeri kita ini belum juga terselesaikan. Bahkan permasalahan di negeri kita ini menjadi komplek dan menjalar ke berbagai segi lainnya sehingga memperparah kerusakan lingkungan. Berikut ini adalah permasalahan – permasalahan yang memperparah kerusakan lingkungan di Indonesia.

Permasalahan yang pertama adalah penebangan kayu liar. Indonesia memang terkenal dengan industry berbahan kayu yang bahkan kepopulerannya telah sampai ke tingkat dunia. Terutama didaerah Kalimantan yang masih mempunyai banyak hutan. Namun sayangnya bahan – bahan kayu tersebut diambil dari hutan tanpa memperhatikan kelestariannya sehingga banyak hutan yang habis ditebangi. Penebangan hutan sendiri dilakukan baik untuk pembukaan lahan ataupun untuk mengambil hasil sumber daya alam yaitu kayu. Akibatnya, hutan menjadi gundul dan kehilangan fungsi – fungsinya. Akhir-akhir ini Kalimantan juga sering dilanda banjir.

Permasalahan yang kedua adalah polusi. Indonesia dituduh sebagai salah satu Negara yang bertanggung jawab dalam terjadinya global warming. Hal ini dikarenakan negeri kita memiliki tingkat polusi udara yang tinggi akibat dari banyaknya asap pabrik, kendaraan bermotor dan lain masih banyak lagi yang dihasilkan.

Permasalahan yang ketiga adalah kurangnya ketersediaan tempat pembuangan sampah. Salah satu TPA terbesar di Yogyakarta adalah TPA yg terletak di Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul saat ini sudah tidak bisa lagi menampung jumlah sampah yang ada. Selain itu keberadaan TPA ini sering sekali menimbulkan permasalahan karena banyak warga setempat yang menuntut untuk memindahkan TPA dari tempat mereka karena mengganggu. Gunung sampah yang makin meninggi dan kurangnya pengelolaan sampah merupakan penyebab warga mulai tidak betah berada didekat TPA.

Permasalahan yang keempat adalah rendahnya tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya sampah rumah tangga yang beserakan karena mereka malas dalam membuang sampah pada tempatnya. Banyak masyarakat saat berangkat kerja membawa sekantong sampah dan mereka asal membuangnya dijalan yang sepi. Hal itu membuat pengguna jalan lain merasa terganggu dengan adanya bungkusan yang tergeletak dijalan. Ada juga yang memilih membuang sampah di sungai daripada di tempat sampah yang telah disediakan. Akibatnya, sungai jadi tercemar dan dapat mengakibatkan banjir. 

Berdasarkan penjabaran–penjabaran yang telah dibahas di atas, dapat kita simpulkan bahwa masalah lingkungan di negeri kita ini belum bisa terselesaikan bahkan semakin komplek dengan permasalahan–permasalahan seperti yang disebutkan di atas. Untuk mengatasi hal-hal tersebut harus ada rasa sadar dan perhatian dengan lingkungan sekitar. Hilangkan rasa malas dan biasakan pola hidup sehat dan bersih. Dengan menjalankan pola hidup sehat dan bersih maka akan terasa lebih nyaman. Tanamkan juga sejak dini kepada anak-anak untuk membuang sampah ditempatnya dan selalu berpola hidup bersih.

 



Referensi :

Pratama, Cahaya Dicky. (2020). Permasalahan Lingkungan di Indonesia. Diakses pada 31 Maret 2021, dari https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/25/185121969/permasalahan-lingkungan-di-indonesia?page=all

Beberapa Permasalahan Lingkungan Hidup di Indonesia. (2020). Diakses pada 1 April 2021, dari https://smanbareng.sch.id/2020/07/13/beberapa-permasalahan-lingkungan-hidup-di-indonesia/#page-content

0 komentar:

Posting Komentar