4.4.21

Pentingnya Self Control Bagi Lingkungan

 TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Oleh : Bayu Pratama (19310410022)


 

Sekarang ini kontrol diri sangatlah penting untuk menjaga lingkungan. Mari kita pahami terlebih dahulu apa itu kesehatan mental dan self control dan seberapa penting perannya dalam keseharian agar tidak merugikan lingkungan. Apa itu kesehatan mental? Kesehatan mental merupakan suatu kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan yang tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain disekitar.

Apabila kesehatan mental seseorang terganggu, ia akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang dapat mengarah pada perilaku buruk. Berbagai contoh kesehatan mental seperti stress, depresi, gangguan kecemasan dan masih banyak gangguan yang lain. Lantas apa yang menjadi akibatnya jika tidak bisa mengontrol diri bagi lingkungan?

Jika seseorang tidak bisa mewujudkan kontrol diri mereka akan berbuat semaunya, contohnya membuang sampah sembarangan. Akibatnya lingkungan akan kotor dan tercemar. Contoh lainnya adalah orang yang malas untuk hidup bersih dan sehat. Orang yang istilahnya “kemproh” akan berakibat lingkungannya juga kotor. Terlebih lagi orang lain tidak mau mendekatinya karena bau dan lain sebagainya.

Penyebab mengalami gangguan kesehatan mental sangat beragam, bisa karena memikiran pekerjaan yang memasang target, terlalu memikiran tugas dan nilai kuliahnya, masalah antar teman dan bisa juga masalah ekonomi. Banyak orang yang  saat ini belum sadar tentang kesehatan mental.

Self control sangatlah penting, Mari kita pahami terlebih dahulu apa itu self control. Self control adalah kemampuan individu untuk mengarahkan tingkah lakunya sendiri, atau kemampuan seseorang untuk menekan atau menghambat dorongan yang ada. Beberapa ahli mengatakan bahwa kontrol diri merupakan konsep yang diaplikasikan pada analisa pemecahan masalah, kemampuan berpikir dan kreatifitas seseorang.

Kontol diri menekankan pada penanganan dan pertanggungjawaban pada segala usaha yang dilakukan seseorang baik dalam pelaksanaan, koreksi dan evaluasi dari suatu perubahan tingkah laku. Perilaku yang dimaksud meliputi segala aktivitas kehidupan seseorang yang disesuaikan dengan keadaan diri, kemampuan serta kondisinya.

Pentingnya pengetahuan tentang kesehatan mental dan self control sekarang ini akan meminimalisir tingkat terjadinya gangguan mental. Karena bisa mengatasi apa yang harus dilakukan tanpa harus merasa stress terhadap beban pikiran yang menumpuk.

Maka edukasi sejak dini untuk masyarakat tentang kesehatan mental dan self control sangatlah penting untuk meningkatkan kesadaran. Untuk lingkup mahasiswa bisa dengan membuat kelompok diskusi yang dimana mahasiswa satu dengan yang lain bisa membagikan kisahnya atau unek-uneknya dan teman- temannya menjadi pendengar dan bisa juga memberikan masukan ataupun motivasi untuk menyemangati.

Referensi:

 Nasution, Nayla. (2019). “Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dalam Diri Setiap Mahasiswa”. Diakses dari https://www.kompasiana.com/naylafara/5df19737097f3640b50c4692/pentingnya- menjaga-kesehatan-mental-dalam-diri-setiap-mahasiswa


Ainy, Lathiifa. (2018). “Perlukah Seseorang Memiliki "Self-Control"?. Diakses dari 

https://www.kompasiana.com/lathiefaainy/5ae759bb5e137321b66182f2/perlukah- seseorang-memiliki-self-control

0 komentar:

Posting Komentar