5.4.21

PENTINGNYA BENDUNGAN LAMASI/WALENRANG BAGI MASYARAKAT SETEMPAT

 PENTINGNYA BENDUNGAN LAMASI/WALENRANG BAGI MASYARAKAT SETEMPAT

Oleh  : Windyangreni Mika (19310410047)

Dosen Pembinbing : D.ra Arundati Shinta M.A

Bendung merupakan suatu bangunan yang dibuat dari pasangan batu kali, bronjong atau beton, yang terletak melintang pada sebuah sungai tertentu saja, bangunan ini dapat digunakan untuk kepentingan lain selain irigasi, seperti untuk keperluan air minum, pembangkit listrik atau untuk pengendalian banjir. Menurut (Kartasapoetra, 1991:37), bendungan merupakan bangunan air yang dibangun secara melintang sungai, sedemikian rupa agar permukaan air sungai di sekitarnya naik sampai ketinggian tertentu, sehingga air sungai tadi dapat dialirkan melalui pintu sadap ke saluran-saluran pembagi kemudian hingga ke lahan-lahan pertanian. Berdasarkan fungsinya, bendung terbagi menjadi tiga jenis yaitu: Pertama, bendung penyadap yang digunakan sebagai penyadap aliran sungai untuk berbagai keperluan seperti untuk irigasi, air baku dan sebagainya. Kedua, yaitu bendung pembagi banjir dibangun di percabangan sungai untuk mengatur muka air sungai, sehingga terjadi pemisahan antara debit banjir dan debit rendah sesuai dengan kapasitasnya. Ketiga, yaitu bendung penahan pasang dibangun dibagian sungai yang dipengaruhi pasang surut air laut untuk mencegah masuknya air asin. 

Berdasarkan fungsinya Bendungan Walenrang atau yang dikenal dengan Bendungan Lamasi ini tergolong sebagai Bendungan penyadap. Karena dari yang diketahui Bendungan Lamasi ini dipergunakan untuk mengaliri area persawahan yang sebelumnya masih menggunakan aliran free inteke. Selain itu juga sering digunakan sebagai tempat tambang pasir, wisata permandian dengan arus sungai yang sangat mendukung, bahkan terkadang ada beberapa warga yang menjadikannya tambang emas sederhana walau yang didapatkan hanya bagian-bagian kecilnya saja. Dampak dari pembangunan Bendung Lamasi sendiri yaitu dapat meningkatkan hasil produksi pertanian bagi paara masyarakat yang menjadi petani. Disamping itu juga dengan adanya Bendung Lamasi beserta dngan jaringan irigasinya terjadi pengalihan fungsi lahan dari yang biasanya hanya digunakan sebagai lahan kurang produktif seperti hutan, kini dijadikan sebagai lahan yang lebih produktif seperti misalnya persawahan. 

Mengapa Bendungan Lamasi disebut sangat penting bagi perkembangan sektor pertanian masyarakat di Walenrang? Hal tersebut dikarenakan Bendungn tersebut merupakan sumber irigasi terbesar dan yang paalin bepengaruh untuk mengalirkan air pada sektor pertanian yang ada didaerah tersebut. Selain itu Bendungan tersebut juga menjadi bagian dari sumber mata pencaharian bagi beberapa orang. Dengan pengaruhnya yang sangt besar tersebut maka masyarakat memiliki kewajiban untuk tetep menjaga banguan Bendung dan juga lingkungan sekitar serta lingkungan air nya.


DAFTAR PUSTAKA

https://www.tneutron.net/blog/manfaat-bendungan-atau-dam/

http://eprints.undip.ac.id/43908/3/BAB_II.pdf

https://www.pelajaran.co.id/2019/08/pengertian-bendungan-fungsi-manfaat-jenis-dan-contoh-bendungan-di-indonesia.html

Kartasapoetra, A.G. 1991. Teknologi Pengairan Pertanian Irigasi. Jakarta: Bumi Aksara.

0 komentar:

Posting Komentar