2.4.21

 

PENTINGNYA AIR UNTUK PETANI 

Ujian Tengah Semester Psikologi Lingkungan Semester Genap 2020/2021

Dosen Pengampu Dra. Arundhati Shinta,MA.

Penulis : Liot Mayang Sari (19310410039)



Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain, Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. Rumus kimianya adalah H
2O, yang setiap molekulnya mengandung satu 
oksigen dan dua atom hidrogen yang dihubungkan oleh ikatan kovalen. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awanhujansungaimuka air tawardanauuap air, dan lautan es. Air dalam objek-objek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapanhujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungaimuara) menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan manusia.

Air bagi para petani adalah sumber daya pokok yang menunjang berlangsungnya kegiatan pertanian. Fungsi air bagi pertanian secara umum adalah sebagai irigasi atau pengairan, karena tanpa adanya pengairan yang baik maka hasil dari tanaman yang di kelola oleh petani tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Manfaat air bagi pertanian adalah membantu membasahi tanaman pertanian, membantu menyuburkan tanah pertanian, membantu penyerapan unsur hara tanaman pertanian, mengisi cairan tubuh tanaman pertanian, membantu sistem metabolisme tanaman pertanian, dan membantu memelihara suhu tanaman pertania, Karena itu petani sangat memerlukan air.


                                                                                                              

 

                                                                                                              








Daftar Pustaka

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Air 

Current Issue. Vol. 11 No. 2 (2019): Jurnal Air Indonesia. Volume 11 No.2 Tahun 2019.


 

 

 

  




 



0 komentar:

Posting Komentar