5.4.21

Menjaga Air Dengan Beradaptasi dan Mengenali Lingkungan

 Menjaga Air Dengan Beradaptasi dan Mengenali Lingkungan

Ujian Tengah Semester Psikologi Lingkungan 2020/2021

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Tahun 2020/2021



Yohannes Tua Tambunan (19310420085)

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.

Manusia bertahan hidup dengan memanfaatkan hasil dari alam yang berada disekitarnya. Namun itulah awal dari sebuah kehancuran jika manusia itu sendiri tidak mampu dan sadar untuk dapat menjaga dan melestarikan alam. Karena kerusakan lingkungan berawal oleh campur tangan manusia dalam memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Kegiatan manusia lambat laun berubah dan berdampak bagi ekosistem yang ada termaksud juga ekosistem yang berada di air. Awalnya dari sungai yang jernih lambat laun berubah menjadi keruh dan banyak tumpukan sampah.
Penggunaan teknologi juga berdampak pada perilaku manusia yang berhubungan dengan alam. Steward menyatakan bahwa teknologi berhubungan dengan cara manusia dalam mengeksploitasi alam untuk kebutuhan mereka. Teknologi itu sendiri jika terus dijalankan tanpa adanya kesadaran akan menjaga alam akan menjadi sumber masalah yang besar.
Budaya juga berpengaruh pada perilaku individu dalam menghadapi alam. Sudikan (2016) menyatakan ekologi budaya merupakan suatu hal yang penting dalam menjaga alam. Hal ini merupakan sistem pengetahuan individu sebagai makhluk sosial dalam memahami dan menginterpretasikan lingkungan alam. Steward juga menambahkan tentang manusia yang mengeksploitasi alam yang menggunakan teknologi dan dapat merusak alam itu sendiri.
Salah satu cara untuk tetap menjaga alam dapat lestari adalah dengan beradaptasi dengan alam itu sendiri. Teori Ekologi Budaya itu juga menjelaskan bagaimana adaptasi manusia dengan lingkungan yang dipengaruhi oleh teknologi.
Jika masyarakat mampu beradaptasi dan mengenal lingkungannya maka masalah itu akan dapat dicegah dan diselesaikan. Salah satu caranya adalah manusia itu sendiri mampu membuat sebuah strategi aktif untuk dapat memelihara kondisi kehidupan alam. Menurut hardestry salah satu cara menjaga alam dengan perilaku adaptif. Ada 2 macam perilaku yang adaptif yaitu perilaku yang bersifat idiosyncratic (cara-cara unik individu dalam mengatasi permasalahan lingkungan) dan adaptasi budaya yang bersifat dipolakan.
Hardestry menyatakan adaptasi ini dilihat dari proses perubahan perilaku kultural individu yang bersifat teknologikal, organisasional dan ideologikal. Proses adaptif yang aktual dapat menjadi sebuah strategi yang baik untuk menjaga alam. Karena jika tidak adanya kesadaran yang muncul akibat pengunaan teknologi yang tidak dibatasi maka akan berpengaruh negatif terhadap alam. Berawal dari adaptasi untuk mengenal alam adalah kewajiban kita sebagai manusia yang sangat bergantung dari alam itu sendiri.

Referensi :
Mahmud, Amir (2016). Adaptasi Sebagai Strategi Bertahan Hidup Manusia. Ar-Risalah, Vol. XVII No. 1
Mustikawati, Aquari (2018). Adaptasi Lingkungan Masyarakat Pendatang Dalam Cerita Rakyat Bontang. Aksara, Vol. 30, No. 1

0 komentar:

Posting Komentar