6.4.21

Menghargai Lingkungan

 

Menghargai lingkungan

                          TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen: Dr. Arundati Shinta, MA

Penulis: Muhammad Rasyid Ridha(19310420088)

           Lingkungan adalah dimana tempat hidupnya segala elemen mahluk hidup menjadi suatu kesatuan, dalam lingkungan perlunya kesadaran dalam diri sendiri untuk menjaga dan mencipatakan keamanan dan kenyamanan agar bisa hidup lebih nyaman dan bahagia, kenyamanan yang diberikan lingkungan seperti udara segar, pemandangan yang elok dan enak dipandangan,dan lain sebagainya, dari sebab itu pentingnya menghargai lingkungan dan mencintai lingkungan agar bisa mendapatkan suatu kenyamanan. Dari fenomena kerusakan
lingkungan yang terjadi, maka diperlukan upaya untuk meminimalkan kerusakanlingkungan.

              Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam mengurangi kerusakan lingkungan adalah dengan konsep ramah lingkungan atau yang sering disebut “go green”. Untuk membangun perilaku ramah lingkungan perlu diwujudkan kepedulian terhadap lingkungan. Tindakan sadar yang dilakukan manusia terhadap lingkungan bertujuan untuk meminimalkan dampak negatif dari beberapa aktivitas manusia terhadap lingkungan. Tujuan utama lainnya untuk memperbaiki lingkungan baik secara langsung maupun tidak langsung.


            Saat ini banyaknya isu-isu lingkungan yang masih belum bisa terselesaikan, padahal lingkungan sangat berpengaruh dalam semua aspek kehidupan dan dampaknya cukup signifikan terhadap kehidupan manusia (Kollmuss & Agyeman, 2002).

 


Bagaimana cara agar bisa menghargai lingkungan.

 

1.    Membuang sampah pada tempatnya.

 

         Membuang sampah tidak pada tempatnya membuat lingkungan menjadi kotor dan terdapat berbagai penyakit. Oleh sebab itu menjaga kebersihan sangatlah penting,yakni dengan membuang sampah pada tempatnya,tidak membuag di sungai dan selokan yang membuat aliran air tidak lancar.

 

2.    Tidak merusak tanaman disekitar

 

          Merusak berbeda dengan menata ulang. Pada poin ini dilarang merusak tanaman sekitar,yakni tanaman yang tidak mengganggu aktifitas sehari hari dan bisa bermanfaat. Dengan selalu menjaga dan merawat tanaman,maka tindakan kita ini termasuk menjaga lingkungan alam. Pada hakikatnya tanaman-tanaman ini sangat bermanfaat sebagai penyerapan karbondioksida dan mengeluarkan oksigen yang cukup untuk manusia.

 

3.    Membersihkan lingkungan

 

             Membersihkan lingkungan memang sangatlah penting,karena dengan bersihnya lingkungan dampak positifnya yakni terhindar dari berbagai penyakit. Lingkungan mencakup banyak aspek,antara lain lingkungan alam,lingkungan sekolah dan lingkungan rumah. Semuanya sama-sama sangat penting untuk menjaganya. Oleh sebab itu butuh kerjasama dan kerja bakti untuk membersihkan suatau lingkungan secara maksimal.

 

Apa yang terjadi jika lingkungan rusak. apa faktor penyebab kerusakan lingkungan

 

1.    Banjir

     Selain karena ulah manusia, banjir juga dapat terjadi karena faktor alam, misalnya hujan yang terus-menerus. Curah hujan seperti ini akan membuat sungai meluap atau membuat tanggul jebol karena tidak mampu lagi menampung debit air. Banjir yang sering terjadi saat musim penghujan dapat membuat bangunan dan tempat tinggal makhluk hidup rusak, lapisan tanah yang subur hilang terbawa air, serta tanaman-tanaman rusak.

 

2.    Membuang sampah sembarangan

     Saat ini, masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan, terutama di sungai. Hal ini akan mengakibatkan banjir jika musim penghujan tiba. 

3.    Penebangan hutan secara liar

  Saat ini, luas hutan di Indonesia semakin berkurang karena maraknya aksi penebangan liar. Hutan yang gundul tidak dapat meresap dan menahan aliran air hujan sehingga dapat terjadi banjir dan longsor.

 

4.    Gempa Bumi

   Gempa bumi terjadi karena adanya pergerakan lempeng bumi atau aktivitas gunung berapi dan dampaknya bergantung pada besarnya kekuatan gempa. Gempa bumi akan mengakibatkan banyak bangunan yang roboh, terjadi tanah longsor, dan terputusnya jalur transportasi. Jika kekuatan gempa sangat besar, kemungkinan akan menimbulkan tsunami.

 

 

Maka dari itu jika tidak ingin terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan sayangilah dan perhatikanlah lingkungan, karena lingkungan sangat berpengaruh penting bagi kehidupan bahkan bagi keselamatan kita.




 

                                             Daftar Pustaka

 

Nurul Liyun, Wahidah Nur Khasanah, Nurfahana Azda Tsuraya ; MENANAMKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN PADA ANAK MELALUI PROGRAM “GREEN AND CLEAN”. Jurnal penguatan karakter bangsa melalui inovasi pendidikan. ISSN: 2654-8607


 

 

0 komentar:

Posting Komentar