5.4.21

Menghadapi Persepsi Lingkngan

Tugas Essay Psikologi Lingkungan 

Tahun 2020/2021

Risva Subekti (NIM. 19310410063)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta 

Makna persepsi dalam KBBI adalah tanggapan (penerimaan) langsung dari sesuatu serapan. Selain itu pengertian persepsi secara umum yaitu tindakan menyusun, mengenali, dan menafsirkan infromasi sensoris guna memberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan. Persepsi meliputi semua sinyal dalam sistem saraf, yang merupakan hasil dari stimulasi fisik atau kimia dari organ pengindera. Lalu apa persepsi terhadap lingkungan? Persepsi terhadap lingkungan adalah cara-cara individu untuk memahami & menerima (accepted) stimulus lingkungan yang dihadapi (pendekatan holistik) (Fisher, Bell, & Baum, 1984). Persepsi terhadap lingkungan bukan pendekatan konvensional yang hanya pengertian sederhana seperti masuknya stimulus-stimulus melalui panca indra, ke otak dan otak mencerna stimulus tersebut.

Di samping itu, karena persepsi adalah cara memahami dan menerima indivdiu, tidak menutup kemungkinan jikalau sedang berdiskusi kemudian berbeda pemahaman maka akan terjadilah perselisihan argumen. Dengan begitu sebaiknya mencari cara bagaimana menghadapi persepsi terhadap lingkungan ini. Persepsi akan menuntun perilaku, jika sudah punya persepsi akan tempat yang kotor itu buruk maka orang tersebut tidak akan mau berlama-lama berada di situ. Namun, persepsi bisa berubah karena ada unsur pengetahuan dan pengalaman yang mempengaruhi. Jika sebelumnya orang berpersepsi A dan berperilaku A bisa saja orang tersebut berubah persepsi menjadi B dan berperilaku B.

Persoalan klasik yang biasa kita jumpai dalam persepsi lingkungan ini yaitu orang-orang yang tidak pernah berada di lingkungan kotor sehingga mereka akan merasa risih dengan kondisi tersebut. Namun berbeda dengan orang-orang yang biasa di lingkungan kotor, seperti petugas kebersihan, petugas pengambilan sampah, cleaning service, dsb. Mereka hampir setiap hari berada pada kondisi kotor. Tidak menutup kemungkinan bahwa mereka dulunya juga risih namun dengan mengubah persepsi mereka dapat bekerja dengan profesional. Idealnya, orang-orang akan mengubah persepsi pada situasi tertentu agar bisa menyelesaikannya dengan baik. Persepsi orang dapat berbeda-beda akan tetapi tetap pada stimulus yang sama.

Jadi pertanyaan yang harus dijawab dalam tulisan ini adalah apa saja yang perlu diperhatikan dalam menghadapi persepsi lingkungan. Hal ini penting karena kita tidak bisa memaksa seseorang untuk mengubah persepsinya seperti persepsi kita, yang harus kita lakukan adalah memberikan informasi baru jika berpikiran B selain A tidaklah masalah. Target perubahan perilaku, sikap dan persepsi itu awalna adalah diri kita sendiri. Setelah diri sendiri mampu memberikan suri tauladan tentang perilaku peduli lingkungan, barulah kita mengajak orang lain untuk peduli pada lingkungan (Arundati S, 2013).

Menghadapi persepsi lingkungan

 Karakteristik persepsi terhadap lingkungan

a.  Ketika indivu mempersepsikan sesuatu maka hasil persepsi memuat berbagai segi tidak hanya dari satu segi saja.

b.  Hanya mempersepsikan informasi yang penting terhadap diri kita sehingga ada informasi pentin lainnya yang terlewatkan.

c.  Persepsi mengarahkan pada tindakan untuk mengeksplorasi linkungan lebih jauh. Ini strategi untuk terpenuhi tujuan & kebutuhan individu.

Jadi untuk menghadapi persepsi lingkungan diperlukan empat komponen serta karakteristik persepsi terhadap lingkungan. Komponen serta karakteristik untuk menyeimbangkan pemahaman dari pemikiran individu dan menstabilkan dengan tindakan perilaku yang dilakukan. Setiap orang memiliki persepsi masing-masing, kita tidak bisa memaksakan persepsi kita aar diterima oleh oranglain. Hargai dan hormati persepsi orang lain.

Daftar Pustaka

Fisher, J. D., Bell, P. A. & Baum, A. (1984). Environmental psychology. 2nd ed. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Arundati, S. (2013). Psikologi Lingkungan: Pentingkah Untuk Dipelajari?. diakses April 4 2021. http://kupasiana.psikologiup45.com/2013/03/psikologi-lingkungan-pentingkah-untuk.html?m=1 

0 komentar:

Posting Komentar