5.4.21

MENANAM BUNGA DIATAP RUMAH

MENANAM BUNGA DIATAP RUMAH

 TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen: Dr. Arundati Shinta, MA

Penulis: Fa Shintariesa Adanty N(19310410021)

Menanam ataupun memelihara tanaman hias saat ini telah menjadi salah satu hoby yang diminati masyarakat, menjadi hobi yang banyak digemari masyarakat selama pandemic covid-19. Hoby ini juga dapat membantu dalam menyayangi lingkungan hidup karen semakin banyak tanaman yang di tanam maka jumlah oksigen akan semakin banyak. Tanaman hias adalah segala jenis tanaman yang bermanfaat untuk menambah kecantikan maupun keindahan baik itu berupa tanaman bunga, daun, maupun akar, nah dari penjelasan itu dapat disimpulkan bahwa tanaman hias adalah segala tanaman yang ditanam untuk mendapatkan keindahan yang bisa ditempatkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan yang mampu menciptakan daya tarik keindahan sehingga jenisnya pun beranekaragam.

Cara merawat tanaman agar tumbuh subur mungkin diketahui sebagian orang hanya sebatas penyiraman dan pemupukan. Akan tetapi hal tersebut belum cukup sepenuhnya, sebab ada faktor penting lain yang mendukung kesuburan tanaman. Simak delapan cara merawat tanaman yang perlu Anda pahami.

1. Memilih Media Tanam yang Tepat Tanaman yang bagus jika ditanam di tanah, namun ada juga yang kurang ideal dengan tanah. Untuk itu, sebelum membeli suatu jenis tanaman, tanyakan kepada yang sudah mengerti tentang tanaman.

2. Ketahui Jenis Tanaman yang Tepat untuk Anda Bila Anda punya aktivitas sehari-hari yang padat, ada baiknya pilih tanaman yang tak memerlukan perawatan intensif. Khawatirnya, tanaman justru mati dengan cepat akibat Anda lupa menyiram atau memberinya sinar matahari. Sementara jika Anda memang penggiat dan pengoleksi tanaman, silakan saja untuk memilih jenis tanaman yang disukai.

3. Pastikan Mendapat Sinar Matahari Alami Secara Cukup Agar tumbuh subur, cara merawat tanaman adalah dengan memberinya sinar matahari secara cukup Ada beberapa tanaman yang membutuhkan sinar matahari dalam jumlah yang lebih besar, namun ada juga jenis tanaman yang dapat bertahan meski mendapat sinar matahari lebih sedikit.

4. Perhatikan Kecukupan Air Terkait penyiraman pada tanaman, rata-rata membutuhkan dua kali dalam sehari yakni di pagi dan malam hari. Cara merawat tanaman dengan penyiraman juga harus dilakukan secara merata dengan jumlah air yang pas. Perhatikan saat melakukan penyiraman, jangan sampai membuat genangan air pada pot tanaman.

5. Perhatikan Jadwal Pemupukan

Selayaknya makhluk hidup lain, tanaman juga butuh makan alias diberi pupuk. Ada enam nutrisi penting yang harus diketahui tentang cara merawat tanaman, yakni nitrogen, fosfor, potassium, magnesium, sulfur, dan kalsium. Masing-masing nutrisi memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri dalam menyuburkan tanaman.

0 komentar:

Posting Komentar