6.4.21

MEMANFAATKAN SAMPAH BEKAS MENJADI PUPUK KOMPOS

 


Electra Alnurin (19310410004)
Tugas Essay 2 Psikologi Lingkungan Tahun 2020/2021
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A

Limbah atau sampah memiliki banyak pengertian dalam batasan ilmu pengetahuan. Namun pada prinsipnya, sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Bentuk sampah bisa berada dalam setiap fase materi, yaitu padat, cair, dan gas. Setiap rumah tangga pasti menghasilkan limbah baik itu limbah organik maupun limbah anorganik. Berbagai macam bentuk limbah  pun dihasilkan mulai dari yang cair maupun yang padat. Jika limbah tersebut tidak diolah dengan baik bisa mencemari lingkungan sehingga diperlukan pengolahan limbah yang baik dan benar.

      Limbah rumah tangga adalah limbah yang terdiri dari dari sampah yang mudah membusuk, seperti sisa-sisa bahan makanan, sayuran dan kulit buah-buahan yang dibuang dan tidak dimanfaatkan lagi. Limbah ini dihasilkan dari sampah lingkungan perumahan atau pemukiman, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan. Sampah ini pada umumnya berupa sampah dapur seperti sisa-sisa buah-buahan, kertas pembungkus, plastik, kaleng dan sebagainya.Limbah rumah tangga sangat cocok untuk diolah menjadi kompos karena selain dapat dimanfaatkan komposnya, lingkunganpun terhindar dari pencemaran. Jenis sampah rumah tangga yang dapat diolah menjadi kompos adalah jenis sampah organik basah yang mudah sekali membusuk, seperti dedaunan dan sampah sisa dapur. Oleh karena itu sebelum mengolah sampah rumah tangga menjadi kompos, sebaiknya dilakukan pemisahan antara sampah organik dan sampah non-organik untuk memudahkan dalam pengolahnnya.

Agar bisa menjadi pupuk kompos, sampah organik harus di diamkan. Fungsi mendiamkan sampah organik tersebut supaya terjadi pembusukan. Dapat juga menggunakan larutan EM4 untuk mempercepat proses pembusukan, atau bisa juga menunggu sampah tersebut membusuk dengan sendirinya namun lumayan lama prosesnya. Mendiamkan selama 2 minggu lamanya agar pembusukan sempurna. Selama 2 minggu pupuk di dalam ember harus diaduk selama 3 hari sekali. Jangan terlalu sering mengaduk dan jangan terlalu jarang. Selama 2 minggu tersebut akan menghasilkan dua jenis pupuk kompos, yaitu padat dan cair.

 

 

Referensi :

Hati, S. (2018). Pembuatan Pupuk Kompos Cair dari Limbah Rumah Tangga sebagai Penunjang Mata Kuliah Ekologi dan Masalah Lingkungan. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry

Staf, E. (2020, November 19). 5 Cara Pembuatan Pupuk Kompos dari Sampah Bekas yang Mudah. Retrieved April 6, 2021, from https://dlh.semarangkota.go.id/5-cara-pembuatan-pupuk-kompos-dari-sampah-bekas-yang-mudah/

0 komentar:

Posting Komentar