6.4.21

LAKUKAN HAL YANG BERMANFAAT DAN MENYENANGKAN DI MASA PANDEMI

Essay 

Lidya Aritonang

19310410033

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Shinta, MA 

    Pengertian stress (stres) adalah sebuah tekanan psikologis dan fisik yang bereaksi ketika menghadapi situasi yang dianggap berbahaya. Dengan kata lain, stres merupakan cara tubuh Anda menanggapi jenis tuntutan, ancaman, atau tekanan apa pun.Penyebab stres sangat banyak dan ini biasanya dipicu oleh berbagai hal yang terjadi dalam hidup seseorang, di antaranya adalah berada di bawah banyak tekanan, perubahan besar, rasa khawatir terhadap sesuatu, tidak memiliki banyak atau kendali dari suatu situasi, tanggung jawab yang dianggap sangat berat, tidak memiliki pekerjaan, aktivitas, atau perubahan dalam hidup, dihadapkan dengan ketidakpastian.


    Stress bisa saja terjadi pada anak anak hingga orang dewasa.
Terutama dalam era Covid ini, pastinya semua dapat merasakan hal yang tidak menyenangkan dihidup mereka dengan memiliki alasan masing masing. Dan terutama bagi pelajar atau mahasiswa , dimana pemerintahan masih mewajibkan pembelajaran dalam daring. Dan kebijakan tersebut telah berlangsung sejak setahun belakangan ini. Dari hal tersebut tentunya membuat pelajar merasa bosan akan rutinitas yang selalu berada dalam rumah dan sangat sulit untuk bertemu teman dan kerabat nya.


Pengobatan pertama yang dilakukan bisa dilakukan dirumah ialah,

1. Mengkomsumsi Makanan yang Sehat

Tips ini cukup sederhana dan dilakukan ,namun berdampak besar bagi tubuh secara kesehatan yang mempengaruhi kondisi mental kita. Dalam makanan yang sehat dapat menopang bahkan mencegah kita tertular dari beberapa penyakit karena meningkatkan imun dalam tubuh kita sendiri. 

2. Belajar Untuk Bersantai 
 Relaksasi juga dapat membantu kondisi tubuh kita dimana teknik relaksasi juga dapat mengurangi kecemasan dan kekhawatiran. Cara ini sekaligus dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengatasi kondisi tertekan secara psikologis maupun fisik


3. Istrahat Yang Cukup

Tidur dan istirahat cukup bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stress. Sebetulnya, ini adalah pencegahan agar tubuh dan pikiran tidak gampang merasa tertekan. Jika mengalami tekanan psikologis dan Anda kurang tidur, tubuh akan semakin kewalahan untuk mempertahankan diri terhadap serangan penyakit. Maka, usahakan untuk tetap tidur yang cukup setiap malam.

4. Olahraga Rutin

Olahraga rutin adalah kunci agar hidup selalu sehat, termasuk dalam mengelola stres. Berbagai jenis olahraga terbukti ampuh dalam meredakan stres karena membantu tubuh melepaskan endorfin, yakni bahan kimia di otak yang membuat suasana hati menjadi lebih baik, senang, dan bersikap positif.

    Selain tips diatas ada banyak cara yang dapat kita gunakan dalam keseharianya tentunya sangat bermanfaat baik untuk diri kita sendiri bahkan orang lain. Contoh hal nya ialah seperti menekuni hobby kita,pastinya dapat membuat kita menjalani hari dengan semakin menyenangkan. Bagi kalangan mahasiswa dapat mengikuti seminar online, yang tentunya selain mendapatkan pengalaman akan menambah wawasan .

    Kegiatan lainnya seperti membuat platform di sosial media tentang edukasi mengenai corona ,yang dapat memberikan peluang bagi orang lain untuk membantu mereka membaca hal yang postif. Hal yang berguna dan bermanfaat selanjutnya adalah, tetap melakukan ibadah menurut agama dan kepercayaan masing masing. 



DAFTAR PUSTAKA :


Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi covid-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis23(2), 192-201.


Rahmawati, S., Firmiana, M. E., & Hadiansyah, A. (2021). Manajemen stress dan menjaga kesehatan mental di masa pandemi COVID-19.







0 komentar:

Posting Komentar