4.4.21

Hubungan Antara Persepsi Dengan Perilaku Masyarakat Terhadap Sampah

 

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DENGAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP SAMPAH

Tugas Essay Pskologi Lingkungan

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Elvira Julia / 19310410075

Mata Kuliah : Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Permasalahan lingkungan hidup merupakan masalah yang akan terus berkembang dan berproses. Salah satu masalah lingkungan yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah masalah sampah. Berbagai hasil dari aktivitas manusia dan makin bertambahnya jumlah penduduk mengakibatkan bahan buangan makin hari makin bertambah banyak (Chandra dalam Malee, dkk, 2016:226). Sampah seringkali menjadi persoalan rumit dalam masyarakat, sampah juga dapat menjadi peluang terjadinya pencemaran lingkungan disertai penurunan kualitas lingkungan. Peningkatan produksi sampah telah menimbulkan masalah pada lingkungan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk perkotaan. Sementara, lahan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah juga makin terbatas.

Kondisi ini makin memburuk manakala pengelolaan sampah di masing-masing daerah masih kurang efektif, efisien, dan berwawasan lingkungan serta tidak terkoordinasi dengan baik. Hal ini ditegaskan oleh (Sudradjat dalam Soares, dkk 2011:l64) bahwa penyebab peningkatan volume sampah disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut:

  1. Volume sampah sangat besar sehingga melebihi kapasitas daya tampung tempat pembuangan sampah akhir atau TPA
  2. Lahan TPA semakin sempit karena tergeser tujuan penggunaan lain 
  3. Teknologi pengelolaan sampah tidak optimal sehingga sampah lambat membusuknya
  4. Manajemen pengelolaan sampah tidak efektif sehingga sering kali menjadi penyebab distorsi dengan masyarakat setempat 
  5. Kurangnya dukungan kebijakan dan aturan daerah dari pemerintah, terutama dalam memanfaatkan produk sampingan dari sampah

Persepsi  dan  perilaku  dalam  membuang sampah  berkaitan   dengan   literasi lingkungan yang dimiliki masyarakat. Ketercapaian    tujuan    pendidikan    lingkungan hidup  dapat  diketahui  dari  perubahan  persepsi dan perilaku yang dimunculkan oleh masyarakat.  Masyarakat  yang  memiliki  persepsi rendah terhadap lingkungan dan masih memunculkan  perilaku  membuang  sampah menunjukkan  bahwa  tujuan  pendidikan belum   tercapai.   Masyarakat   yang   berliterasi lingkungan  akan  memiliki  persepsi  yang  tinggi terhadap  lingkungan  dan  berpartisipasi  dalam menjaga lingkungan dengan membuang sampah di tempat sampah.

Orang  yang  berliterasi  lingkungan  adalah orang sadar dan peka terhadap lingkungan, memahami permasalahan   lingkungan,   berpartisipasi   aktif dalam  perlindungan  lingkungan,  dan  memiliki kemampuan mengatasi permasalahan lingkungan Ketergantungan masyarakat terhadap sampah  cenderung  rendah  karena  pendapatan yang  diperoleh  dari  sampah  juga  tidak  besar. Masyarakat  menganggap  sampah  tidak  bernilai, kurangnya    manfaat    yang    didapatkan    dari sampah membuat ketergantungan    terhadap sampah  juga  rendah.  Persepsi masyarakat  akan tinggi   bila   merasa   mendapat   manfaat   dari sampah   dan   memiliki   ketergantungan   yang tinggi terhadap sampah. Masyarakat kurang peduli dengan dampak  yang  dapat  ditimbulkan  sampah  bila tidak    dikelola    dengan    baik.    Pengetahuan masyarakat   tentang   dampak   negatif   sampah belum  reflektif  dan  masih  terbatas  pada  segi estetika   dan   lingkungan   secara   umum.  

DAFTAR PUSTAKA

Malee, Mario Rinaldi, Benu Office L.S dan Welson M. Wangke (2016). Persepsi Masyarakat terhadap Program Pengelolaan Sampah secara Reduce, Reduse, Recycle (3R) Di Kelurahan Manembo-Nembo Tengah Kecamatan Matuari Kota Bitung. Agri-Sosio Ekonomi Unsrat Volume 12 Nomor 2A: 225 - 238.

Soares, Joao Carlos. (2011). Persepsi Masyarakat terhadap Pengelolaan Sampah Padat Perkotaan Di Kecamatan Dom Aleixo Kabupaten Dili-TJMOF Leste. Majalah Geografi Indonensia. Vol. 25, N0. 2, September 2011 (162 - 180). ISSN 0125-1790.

Teksoz,   G.,   Sahin,   E.,   &   Tekkaya,   O.C.   2012. Modelling Environmental Literacy of University Students. Journal of Science Education Technology (2012) 21: 157-166.

0 komentar:

Posting Komentar