2.4.21

EFEKTIVITAS AIR SUNGAI SEBAGAI KAWASAN WISATA

Ujian Tengah Semester

Psikologi Lingkungan

Semester Genap 2020/2021

Dosen Pengampu: Dra. Arundati Shinta, MA

Penulis: Exwati Miatari (19310410030)

            Air adalah salah satu sumber daya alam yang sangat penting dan dibutuhkan oleh makhluk hidup. Tanpa adanya air, makhluk hidup akan merasakan kekeringan, terlebih air memiliki peranan dan fungsi yang teramat penting bagi makhluk hidup, khususnya pada kehidupan manusia. Dalam hal ini, air menjadi salah satu penunjang utama sebagai sumber kehidupan.

            Air merupakan bahan alam yang diperlukan untuk kehidupan manusia, hewan dan tanaman yaitu sebagai media pengangkutan zat-zat makanan, juga merupakan sumber energi serta berbagai keperluan lainnya (Arsyad, 1989). Sesuai dengan pengertian air, yaitu salah satu fungsinya ialah sebagai sumber energi serta sebagai keperluan lainnya. Air tidak hanya dapat digunakan untuk minum, mandi, masak, mencuci, tetapi air juga dapat dimanfaatkan sebagai keperluan lainnya.

            Persoalan sederhana yang masih sering terjadi ialah, masyarakat belum terlalu memahami atau mampu untuk menjadikan air sebagai pemanfaatan bagi kehidupannya. Air sungai dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah yang pada dasarnya akan mencemari sungai tersebut dan menyebabkan penyumbatan serta menimbulkan adanya banjir. Bila dibiarkan begitu saja akan menimbulkan adanya kerugian bukan sebuah keuntungan terhadap masyarakat. Namun, beda halnya jika masyarakat sadar ataupun mampu mengeksplor sungai menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan atau dikembangkan. Maka, hal-hal tersebut tidak akan terjadi.

            Peranan air sungai ternyata juga sangat berdampak dan membantu pada sektor kawasan wisata. Air sungai dapat dimanfaatkan ataupun dikembangkan menjadi sebuah objek wisata yang memberikan kebermanfaat pada suatu daerah. Seperti halnya yang terjadi pada sebuah Desa yang bernama Desa Sambi. Masyarakat yang berada dikawasan tersebut mampu memanfaatkan serta mengembangkan potensi air sungai yang berlimpah menjadi sebuah objek wisata yang dapat diminati oleh banyak wisatawan, khususnya mereka yang memiliki tempat tinggal jauh dari keasrian dan adanya air yang mengalir. Adanya hal tersebut merupakan salah satu solusi yang tepat untuk pemanfaatan air disana.

        Masyarakat Sambi mampu mengembangkan potensi air sungai menjadi sebuah tempat objek wisata yang memiliki daya tarik tersendiri oleh wisatawan. Ditambah, lokasi yang berdekatan langsung dengan area sawah, kemudian memiliki suasana yang masih asri, terdapat area permainan, spot foto dengan suasana alam, dan juga para pengunjung yang dapat bermain secara langsung kedalam air sungai atau menggunakan ban pelampung yang dapat digunakan untuk menikmati adanya arus sungai menggunakan ban pelampung tersebut. Lokasi tersebut bertepatan di Ledok Sambi, Jl. Kaliurang No. KM. 19,2, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keterlibatan masyarakat dalam pengolahan kawasan wisata, juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat disana, sekaligus dapat mengembangkan adanya potensi-potensi yang dimiliki pada desa tersebut.

            Dengan menghadapi situasi yang sulit sepeti tidak mendukung adanya pelestarian ataupun pengembangan terhadap air sungai, maka janganlan kita dengan sengaja menjadikan sungai sebagai tempat sampah umum yang dapat menimbun banyak sampah dan mengakibatkan adanya penyumbatan bahkan banjir. Mari kita bersama-sama merawat dan melestarikan air sungai agar tidak tercemari serta mengakibatkan masalah sosial.

REFERENSI:

Endar Budi Sasongko. E. (2014). KAJIAN KUALITAS AIR DAN PENGGUNAAN SUMUR GALI OLEH MASYARAKAT DI SEKITAR SUNGAI KALIYASA KABUPATEN CILACAP. JURNAL ILMU LINGKUNGAN Vol 12 (2), 12, 72-82.

 

0 komentar:

Posting Komentar