1.4.21

Bersihnya Sungai Di Lumbuk

Lingkungan Bersih, Air Bersih Hidupmu Ikut Bersih

Ujian Tengah Semester Psikologi Lingkungan Semester Genap 2020/2021

Dosen Pengampu : Dra. Arundati Shinta, MA

Penulis : Phrahasti Sito Resmi (19310410038)




 

Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hiudp, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Hewan membutuhkan air untuk minum ada juga yang membutuhkan air untuk berfotosintesis dan tempat hidup. Hal tersebut tampaknya memang mudah ketika makhluk hidup membutuhkan air. Air di bumi perlu dijaga yang akan membuat generasi di masa depan serba kewalahan. Mereka kekurangan air bahkan ada yang mati karena tidak ada air. Kurus, kering, bahkan ada beberapa organ tubuh yang tidak dapat berfungsi dengan baik.

Pentingnya Air Bersih Bagi Kesehatan. Masalah air bersih merupakan hal yang paling fatal bagi kehidupan kita. Kalau kita tahu, saat ini masalah air bersih merupakan barang yang langka di negeri tercinta kita ini, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, air bersih merupakan barang yang mahal dan sering diperjualbelikan. Pencemaran air dan tanah adalah pencemaran yang terjadi di perairan seperti sungai, kali, danau, laut, air tanah, dan sebagainya. Mereka begitu mudahnya menikmati air yang bersih untuk memenuhi kebutuhan. Mereka tidak menyadari jika ada tempat-tempat yang mengalami kekeringan begitu lama. Dan orang-orang yang hidup di daerah kekeringan itu juga akan memiliki generasi di masa depan.


Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sudah melakukan pencemaran lingkungan seperti halnya dengan melakukan pembuangan limbah pabrik pada sungai, kali, danau dll. Tidak hanya itu kita juga banyak menjumpai orang yang melakukan pencemaran liingkungan dengan melakukan membuang sampah sembarangan. Sering kita jumpai pada lingkungan sekitar banyaknya masyarakat membuang sampah di sungai, kali, danau, laut dan lainnya itu bisa mengakibatkan bbanjir dan kurangnya air bersih. Membuang sampah di sungaI tentu merupakan hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang membuang sampah di sungai berpendapat bahwa sampah yang dibuangnya akan mudah terbawa arus air, sehingga sampah yang dibuang tidak meninggalkan sisa. Nantinya dari pengendapan itu, zat-zat yang mengurangi kualitas air akan menyebar pada air yang mengalir maupun tidak. Hal ini tentu membawa dampak buruk bagi kesehatan manusia. Dan bagi hewan, apabila termakan sampah-sampah itu, hewan lama kelamaan akan mati dengan di dalam sistem pencernaannya penuh dengan sampah. Sistem filtrasi bertujuan untuk memisahkan padatan tersuspensi dari dalam air yang diolah. Pada penerapannya sistem filtrasi digunakan untuk menghilangkan sisa padatan tersuspensi yang tidak terendapkan proses sedimentasi. Padahal sungai bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata.  Dari segi pariwisata, sungai akan tidak akan lagi dianggap sebagai tempat kumuh, namun sebagai tempat untuk menghabiskan waktu senggang untuk berfoto atau sekedar untuk relaksasi. Dari segi pendidikan, sungai pun bisa menjadi tempat yang menarik untuk mempelajari ekosistem alam. Maka dari itu, marilah kita bersama-sama merevitalisasi sungai-sungai di Indonesia, setidaknya dengan tidak membuang sampah ke sungai.


Mengupload: 7731016 dari 33240591 byte diupload.

Contohnya di daerah Lumbuk Sambi Kaliurang, warga lumbuk samba memanfaatkan sungai sebagi wisata dengan menjaga kebbersihan sungai dan lingkungan. Desa wisata. Ledok Sambi merupakan desa yang mempunyai nuansa alami asli Jogja, yang berlokasi dekat dengan Guung Merapi atau berada di Jl. Kaliurang Km. 19,2 Pedukuhan Sambi Desa Pakembinangun Kec. Pakem Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemandangan alam yang indah dapat memberikan kesejukan, kesegaran dan ketentraman hati. Sepanjang mata memandang di Desa Wisata ini anda akan disuguhkan bentengan luasnya persawahan yang alami dan asri dan juga pepohonan yang hijau rindang serta kejernihan air yang dimiliki Wilayah Desa Wisata Ledok Sambi. Rumah-rumah Tradisional khas Jogja yang luas dijadikan sebagai tempat bermain sambil menikmati udara sejuk yang menenangkan hati jiwa dan pikiran.

Dalam wisata Ledok Sambi tidak hanya ada sungai saja tetapi juga ada suasana pada tempat liburan ini ada bentang alam yang indah. Ada sawah yang membentang hijau, ladang dan padang rumput yang luas, sungai, serta pemandangan Gunung Merapi. Waktu saya berkunjung disana air sungainya sangat bersih dan suasana alam disana sangat sejuk tentunya sangat dingin. Disana kita bisa melakukan piknik, outbond dan lainnya.

Mari kita menjaga kebersihan lingkungan karena kebersihan lingkungan adalah hal mutlak yang harus kita jaga demi menjaga keberadaan air agar tidak tercemar oleh limbah dan kotoran. Menjaga kebersihan lingkungan adalah hal yang mutlak yang harus kita jaga demi menjaga keberadaan air agar tidak tercemar oleh limbah dan kotoran. Menjaga kebersihan lingkungan akan membuat air yang kita pakai dan kita konsumsi tidak sampai tercemar. Adalah tuas bersama untuk selalu menjaga kebersihan sungai selokan dan sumber-sumber air yang kita butuhkan. Dengan membuang sampah pada tempatnya, keberadaan sampah di dalam saluran air atau sungai selain menyebabkan pencemaran dapat pula menyebabkan bencana banjir. Sungai yang sudah tercemar oleh sampah pun pada akhirnya tidak dapat lagi dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sungai untuk mandi atau sebagai sumber ir bersih untuk dikonsumsi maka dari itu mari kita lebih memanfaatkan dan menjaga lingkungan sekitar untuk menjadikan tempat-tempat yang indah dan bersih.

2 komentar: