3.4.21

BERBAGAI PEMANFAATAN AIR SUNGAI BAGI KEHIDUPAN

 

UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Oleh:

Hosianna Ronauli Simbolon 19310410032

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta MA


Air adalah komponen yang memiliki arti sangat penting dalam kehidupan, tanpa air semua makhluk hidup yang ada di bumi akan mati. Tanpa air manusia bisa kehausan , kekurangan zat air di badannya hingga mengakibatkan kematian. Tanpa air, hewan juga akan kehausan dan akhirnya mati. Begitupula tanah tanpa air akan menjadi tandus dan gersang, tumbuh-tumbuhan akan layu dan kering  hingga kemudian mati. Masalah air adalah masalah dunia dan masalah kehidupan.

Manusia tidak akan bertahan selama beberapa hari jika tidak minum karena sudah mutlak bahwa sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air. Jadi bukan hal yang baru jika kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karena tersedianya Air yang cukup. Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berupaya mengadakan air yang cukup bagi dirinya sendiri. Namun, air bersih tidak hanya diperlukan sebagai air minum saja. Masih ada banyak lagi manfaat air bersih yang bisa dirasakan, bukan hanya bagi manusia saja, tetapi juga lingkungan sekitar.

Berikut adalah berbagai kegiatan yang kita lakukan menggunakan air yakni:

a)      Berbagai keperluan rumah tangga seperti untuk minum, masak, mandi, mencuci dan pekerjaan lainnya.

b)      Berbagai keperluan umum seperti kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.

c)      Berbagai keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.

d)      Berbagai keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.

e)      keperluan pertanian dan peternakan

f)       keperluan pelayaran dan lain sebagainya

Bagi keperluan pertanian air sungai digunakan untuk  mengairi sawah oleh para petani. Sawah yang dialiri air akan menghasilkan bahan pangan yang berkualitas yang akan kita konsumsi. Begitupula untuk perkebunan, air sungai digunakan sebagai sarana irigasi untuk pertumbuhan baik sayuran dan  buah-buahan, air sungai yang dialiri ke kebun sayur dan buah akan menghasilkan sayur dan buah. yang akan dijual dan pada akhirnya dikonsumsi oleh manusia. Oleh karena itulah air sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan dalam menggunakan air sehari hari, tidak membuang sampah dan limbah yang dapat membuat pencemaran air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada.

Referensi:

Warsito D 1994, Sumber Daya Air dan Lingkungan, Pusat Pengembangan Tenaka Pertambangan, Bandung. (diakses pada 03-03-2021)

https://training.inviro.co.id/fungsi-dan-peran-air-bagi-kehidupan-manusia/ (diakses pada 03-03-2021)

https://sedekahair.org/9-manfaat-air-bersih-bagi-manusia-dan-lingkungan/ (diakses pada 03-03-2021)

0 komentar:

Posting Komentar