4.4.21

AIR SANGAT PENTING BAGI PETANI

                                   Oleh:

                     Inry Riyanty Pieter

                         19310410077

Dosen Pembimbing : Dr.Arundati Shinta,M.A


          Ujian Tengah Semester 4 Psikologi                                         Lingkungan 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45                                 Yogyakarta 


Air merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam pertanian, terutama bagi tanaman yang manyoritasnya memerlukan air, secara alami kebutuhan air untuk tanaman dapat dipenuhi melalui air hujan. Namun dalam kenyataannya dalam beberapa tempat dan beberapa waktu tertentu jumlah air hujan kurang mencukupi dalam memenuhi kebutuhan air bagi tanaman. Kondisi inilah yang menyebabkan pertumbuhan tanaman kurang maksimal dan selanjutnya dapat mengganggu tingkat produktivits tanaman.

Petani bisa mempengaruhi ketersediaan air dengan cara membuat sumur agar bisa mendapatkan air untuk menyiram tanaman .

Air bagi para petani adalah sumberdaya pokok yang menunjang berlangsungnya kegiatan pertanian. Fungsi air bagi pertanian secara umum adalah sebagai irigasi atau pengairan, karena tanpa adanya pengairan yang baik maka hasil dari tanaman yang di kelola oleh petani tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam produksi pertanian air merupakan salah satu unsur yang sangat penting.

Persoalannya adalah  terlalu banyak maupun terlalu sedikit air dapat, memberikan dampak buruk terhadap tanaman pertanian yang dapat berujung kepada kematian tanaman. Karena tanaman yang kekurangan air dapat menggangu pertumbuhan tanaman sehingga produksinya tidak maksimal sedangkan kelebihan air juga berakibat tanaman tidak bisa lagi menyerap air karena banyak air sehingga berakibat pada pembusukan tanaman dan akhirnya tanamanpun akan mati. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi produksivitas tanaman pertanian sehingga hasil tanaman tidak bisa memenuhi target yang telah di perkirakan.

Air memiliki banyak sekali manfaat di bidang pertanian, yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Membantu membasahi tanaman pertanian: Air yang dialirkan menuju lahan pertanian akan membantu tanah dalam lahan pertanian menjadi basah sehingga akan memudahkan untuk ditanami. 

2. Membantu menyuburkan tanah pertanian: Tanah pertanian yang telah dibasahi oleh air akan menjadi subur karena air dari sumber pertanian yang dialirkan kelahan tersebbut kaya akan unsur hara. Dengan adanya air tanah pertanian akan subur dan siap untuk ditanami tanaman pertanian.

3. Membantu memelihara suhu tanaman pertanian: Air yang dialirkan menuju lahan pertanian dapat digunakan untuk menurunkan suhu tanah agar tanah lebih kondusif dalam proses penanaman tanaman pertanian, sedangkan untuk tumbuhannya sendiri, air secara tidak langsung dapat berfungsi pemeliharaan suhu tanaman. Tanaman yang kekuranggan air pertumbuhannya menjadi kerdil dan perkembangan tidak normal. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus tentu akan membuat tanaman menjadi menderita karena kekurangan sumber air dalam proses pertumbuhannya. 

Kesimpulan , Air bagi para petani adalah sumberdaya pokok yang menunjang berlangsungnya kegiatan pertanian. Fungsi air bagi pertanian secara umum adalah sebagai irigasi atau pengairan, karena tanpa adanya pengairan yang baik maka hasil dari tanaman yang di kelola oleh petani tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam produksi pertanian air merupakan salah satu unsur yang sangat penting. Air menjadi faktor kunci keberlanjutan pertanian terutama bagi pertumbuhan tanaman dan perkembagan tanaman agar dapat meningkatkan hasil produksi pertanian. 

Daftar Pustaka : Hanafi, Rita. Pengantar EKONOMI PERTANIAN. Yogyakarta: ANDI YOGYAKARTA,2010. Salikin, Karwan A. Sistem Pertanian Berkelanjutan. Yogyakarta: Kanisius Yogyakarta, 2003.

Sangkawati, Sri dkk. Pengelolaan Sumberdaya Air Dalam Otonomi Daerah. Yogyakarta: ANDI,2002.

0 komentar:

Posting Komentar