1.11.20

KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK

 KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK 

ANDRI WIJAYANTO

19310410023



Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi'45 Yogyakarta

Psikologi Sosial 2

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA.



  Kelompok merupakan sebuah media atau alat berkumpulnya orang-orang yang memiliki kesatuan tujuan dan cita-cita, dimana tujuan dan cita – cita itu ingin diraih secara bersama-sama. Biasanya sebuah kelompok akan memiliki beberapa orang-orang yang telah ditunjuk sebagai pengurus kelompok, seperti Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Ketika kelompok semakin besar, maka orang yang ditunjuk sebagai bagian kepengurusan kelompok juga akan bertambah. Didalam kelompok, tentunya haruslah menggunakan sebuah komunikasi untuk saling berbagi informasi antara anggota kelompok. Jenis komunikasi ini dikenal dengan komunikasi kelompok atau sering juga disebut sebagai Komunikasi Organisasi.

  Komunikasi kelompok, merupakan sebuah pertukaran informasi yang terjadi antara beberapa pihak individu didalam sebuah area atau media kegiatan. Area atau media kegiatan bisa berupa rapat atau meeting, konperensi, pertemuan ataupun kegiatan lainnya yang bersifat organisasi ataupun tidak. Menurut seorang ahli bernama Deddy mulyana secara Teori Komunikasi Kelompok merupakan kegiatan komunikasi adalah sebuah cara untuk mencapai tujuan untuk saling mengenal satu sama lainnya, saling bertukar informasi serta menganggap setiap pihak yang berada pada kelompok tersebut menjadi satu bagian utuh.

  Secara garis besar, komunikasi kelompok memiliki beberapa sifat atau karakteristik. Beberapa sifat atau karakteristik komunikasi kelompok tersebut adalah :

Berkomunikasi secara langsung atau dengan bertatap muka.

Komunikasi dilakukan secara terstruktur dan memiliki panduan.

Komunikasi kelompok biasanya akan diatur dan diarahkan oleh pengurus kelompok tersebut.

Komunikasi kelompok akan membagikan informasi mengenai tujuan atau target yang akan dicapai kepada seluruh anggota kelompok.

Anggota pada sebuah kelompok juga memiliki fungsi dan peran yang sangat penting untuk berkomunikasi.

Komunikasi kelompok juga sangat sering ditemukan pada komunikasi – komunikasi yang dilakukan antar anggota keluarga, pada saat berdiskusi ataupun ketika ingin mengambil sebuah keputusan. Sewaktu melalukan komunikasi kelompok, akan banyak sekali jenis – jenis komunikasi yang dipakai. Beberapa jenis komunikasi yang dipakai antara lain Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Intrapersonal, Komunikasi Dua Arah, Komunikasi Antar Budaya, Komunikasi Internal, Komunikasi Interpersonal serta jenis – jenis komunikasi yang lainnya.

  Sebuah komunikasi yang terjadi akan dikatakan sebagai komunikasi kelompok apabila komunikasi tersebut dilakukan oleh 4 orang atau lebih dan dilakukan secara langsung. Komunikasi ini juga biasanya akan dipimpin oleh seseorang yang memang bertugas sebagai pimpinan kelompok tersebut.


Referensi: https://www.google.com/amp/s/pakarkomunikasi.com/peran-komunikasi-kelompok/amp

https://m.merdeka.com/jatim/komunikasi-adalah-proses-penyampaian-makna-pada-orang-lain-ketahui-tujuan-dan-fungsi-kln.html


0 komentar:

Posting Komentar