14.6.20

SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS DALAM PERUSAHAAN

SUMBER DAYA MANUSIA
YANG BERKUALITAS DALAM PERUSAHAAN


Tri Wahyu Ningsih / 19310410026
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Fakultas Psikologi 
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



HRD merupakan singkatan dari Human Resource Departement. Dalam Bahasa Indonesia, HRD lebih dikenal dengan istilah Departemen Sumber Daya Manusia (SDM). Secara umum, pekerjaan HRD adalah mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan karyawan, mulai dari proses rekruitmen, pengembangan, evaluasi, konsultasi, administrasi, hingga PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Biasanya, HRD selalu ada di perusahaan-perusahaan berskala besar atau induk grup suatu perusahaan.



Sumber Daya Manusia adalah elemen yang paling dalam usaha apapun karena dari kualitas tersebut sangat menentukan kinerja dari suatu perusahaan. Pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia menjadi penentu keberhasilan perusahan terutama dalam era globalisasi yang pesaingnya tidak hanya dalam negeri tetapi juga luar negeri yang ikut meramaikan kompetisi menarik konsumen maka dari itu perusahaan harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas untuk proses yang baik. Pengelolaan sumber daya manusia sendiri berguna untuk mencapai tujuan perusahaan yang secara operasional tujuannya yaitu mencakup tujuan masyarakat (societal objective); tujuan organisasi (organization objective); tujuan fungsi (functional objective); dan tujuan personal (personal objective). Pengembangan Sumber Daya Manusia adalah kerangka organisasi yang dilaksanakan dalam interval waktu tertentu untuk melahirkan sikap perubahan mental dan keahlian karyawan sehingga dapat meneylesaikan penugasan yang berhubungan dengan tanggungjwab. Menurut Leonard Nadler, “Pengembangan sumber daya manusia adalah serangkaian kegiatan yang terorganisir, dilakukan dalam waktu khusus dan dirancang untuk menghasilkan perubahan perilaku”.





         Manusia yang berkualitas adalah sumber daya manusia (SDM) yangkomprehensif dalam berpikir dan selalu mengantisipasi tuntutan di masadepan, memiliki sikap positif dan berwawasan, serta memiliki kemampuan,ketrampilan dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan diberbagai bidangserta sektor pembangunan. Ada beberapa sifat dari SDM yang berkualitas, yaitu;
  •            Ulet


Tidak gampang putus asa. Seseorang akan terus berusaha mencari cara penyelesaian suatu pekerjaan di bantu dengan sifat tekun, keuletan tersebut akan membawa seseorang pada dedikasi pekerjaan yang bermutu dan berkualitas.
  •  Tekun

Seorang yang dapat memfokuskanperhatiannya kepada sesuatu yang dikerjakannya. ketekunan akan menghasilkan sesuatu, karena manusia unggul tidak akan berhenti sebelum dia membuahkan sesuatu
  • Jujur

Kejujuran pada orang lain yakni harus bisa bekerja sama, dilandasi oleh rasa saling percaya. Kejujuran pada perusahaan, bekerja dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku. Namun juga harus jujur terhadap kemampuan mereka sendiri, jika seorang SDM jujur terhadap apa yang bisa mereka perbuat serta apa yang tak dapat mereka perbuat, maka orang tersebut akan mendapatkan tanggung jawab pekerjaan yang sesuai. Dan tidak menutup kemungkinan untuk berkembang ke depannya.
  • Dedikasi

Seorang yang berdedikasi adalah seorang yangdisiplin karena terfokus kepada apa yang ingin diwujudkan.  
  • Inovatif

Seseorang yang kreatif, senantiasa aktif dalam mencari berbagai hal yang baru. Tentunya yang bersifat positif dan mendukung pekerjaan mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi, bukan penurunan kinerja.


Selain dari sumber daya manusianya sendiri, perusahaan juga harus bisa memilih atau mendapatkan SDM yang berkulaitas. Lalu bagaimana caranya? Caranya adalah;
a.       Menyeleksi CV

b.      Psikotes
c.       Tes Bidang Kerja
d.      Tes Wawancara
e.       Minta Referensi
f.       Surat Perjanjian Kerja
g.      Buat Kompetisi
h.      Jangan Merekrut karena Kasihan atau Pertemanan
i.        Merekrut dengan Cara yang Unik
j.        Tepati Janji



Berbagai langkah seperti penetapan sasaran, misi dan visi perusahaan, strategi, kebijakan, program jangka panjang, menengah dan jangka pendek, penetapan anggaran, eksekusi rencana dan proses pengadilan dan lain-lain merupakan langkah manajemen yang penting. Meskipun langkah-langkah tersebut sudah ditinjau, harus dipastikan orang yang masuk dalam organisasi atau perusahaan harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan menduduki posisi sesuai kemampuan. Alasannya adalah;
a.       SDM adalah satu-satunya sumber daya perusahaan yang memiliki kuasa untuk merencanakan dan mengendalikan sumber daya yang lain dalam organisasi.

b.      SDM adalah satu-satunya sumber daya yang memiliki kekuasaan untuk merencanakan mengendalikan kegiatannya sendiri.
c.       Bila perusahaan mampu melakukan pekerjaan yang baik dalam seleksi dan rekrutmen, maka akan diperoleh sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga sumber daya yang lain dalam organisasi bisa dikelola dengan efektif dan efisien, dan perusahaan akan menikmati keuntungan. 


Referensi :
1.      Limawandoyo, Eric Alamzah., & Agustinus Simanjuntak. (2013). PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT. ANEKA SEJAHTERA ENGINEERING. JURNAL MANAJEMEN BISNIS PETRA. 1(2). file:///C:/Users/HP/Downloads/Documents/36003-ID-pengelolaan-dan-pengembangan-sumber-daya-manusia-pada-pt-aneka-sejahtera-enginee.pdf
7.      P. Sinurat, Sahala. Langkah tepat melakukan Rekrutmen dan Seleksi. Jakarta. Esensi Erlangga Grup.

Referensi Gambar :
                                      
                                   


0 comments:

Post a Comment