14.6.20

SUKSES WAWANCARA? SIAPA TAKUT!

Sukses Wawancara? Siapa Takut!

Ujian Akhir Psikologi Industri & Organisasi

(Semester Genap 2019/2020)

Erlyna Rahma Sari (19.310.410.084)

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

    Para pencari kerja tentu tidak asing dengan tahapan seleksi kerja. Seleksi adalah proses yang terdiri dari berbagai langkah yang spesifik dari kelompok pelamar yang paling cocok dan memenuhi syarat untuk jabatan tertentu (Teguh 2009). Salah satu seleksi kerja adalah tes wawancara. Saat mendaftar pekerjaan pasti melakukan tes wawancara. Menurut Kerlinger (dalam Basuki, 2006) wawancara (interview) adalah situasi peran antar-pribadi berhadapan muka (face to face), ketika seseorang yakni pewawancara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk memperoleh jawaban-jawaban yang relevan dengan masalah penelitian, kepada seseorang yang diwawancarai, atau informan.

  Wawancara tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Pada tes wawancara ini dilakukan tahapan pertanyaan seperti mengarahkan pembicaraan mengenai pekerjaan, tugas dan tanggung jawab utama, kondisi pekerjaan, tipe orang yang dibutuhkan. Banyak perusahaan mengajukan syarat khusus untuk para bakal calon karyawan. Tes wawancara sangat penting karena membawa pengaruh untuk kemajuan perusahaan. Hingga saat ini sudah terjadi ribuat wawancara di seluruh dunia. Calon karyawan banyak yang gagal pada tahap wawancara. Wawancara terlihat mudah namun cukup sulit saat menjawab pertanyaan. Mereka harus jeli dan pandai menonjolkan kemampuannya agar dilirik perusahaan tersebut. Tidak heran bila mereka yang mampu bersaing dan menunjukan kompetensinya adalah mereka yang dipilih untuk bekerja.

    Persoalan yang terjadi adalah gagal saat wawancara atau interviev kerja dan kurangnya persiapan. Tulisan ini lebih tertuju kepada kematangan pencari kerja atau calon karyawan dalam menghadapi seleksi wawancara. Hal ini penting karena perusahaan berharap memiliki karyawan yang kinerjanya baik dari masing-masing karyawan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh perusahaan. Karena orang pandai didunia ini banyak, orang rajin juga tidak sedikit, jadi idealnya pencari kerja atau calon karyawan mampu mempersiapkan dirinya untuk menghadapi seleksi wawancara dengan baik.

    Berlatih dan mencari informasi tentang ketentuan-ketentuan wawancara bisa menjadi modal utama. Hal ini penting karena dua alasan. Pertama, faktor kesuksesan mendapat pekerjaan dengan persiapan yang matang. Saat kita melakukan sesuatu alangkah baiknya dipersiapkan terlebih dahulu misalnya dengan mencari informasi kepada yang lebih berpengalaman. Kedua, sukses atau tidaknya wawancara ada pada diri kita. Berlatih di depan cermin bisa menjadi solusi untuk menghadapi tes wawancara. Hal ini dapat membuat kita lebih fokus saat menjawab pertanyaan, dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Mau tau cara sukses hadapi tes wawancara? Simak tips sukses wawancara Kerja.

Pertama, berlatih dan melakukan persiapan. Cari tips-tips cara menjawab pertanyaan di internet atau tanya kepada orang yang  pernah mengikuti tes wawancara. Jawaban yang kuat dan spesifik, dengan mengambil contoh ketrampilan yang anda miliki serta CV yang anda gunakan untuk melamar. Apapun yang diucapkan bisa mencerminkan kepribadian anda, jadi usahakan lebih berhati-hati saat menjawab pertanyaan dari pewawancara.

Kedua, pelajari tentang perusahaan. Alangkah baiknya anda mencari informasi tentang perusahaan, tempat anda ingin melamar kerja. Anda bisa menjari informasi tentang misi dan misinya serta target yang ingin di capai perusahaan tersebut. Hal ini bisa meyakinkan pewawancara dan membuat anda terlihat serius ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Ketiga, bersiaplah sebelum waktu wawancara. Usahakan anda datang lebih awal dari waktu wawancara. Misalnya datang 30 menit lebih awal. Persiapkan berkas-berkas yang sesuai syarat perusahaan tersebut.

Keempat, tetap tenang. Selama wawancara berlangsung usahakan tetap santai dan tenang. Saat menjawab pertanyaan lebih baik tatap mata pewawancar. Bahasa tubuh juga bisa mencerminkan kepribadian anda.

Kelima, ucapan terima kasih. Ketika wawancara sudah selesai ucapkan terima kasih. Pastikan sebelum mengucapkan terima kasih anda sudah menyampaikan semua yang menjadi bahan pertimbangan perusahaan dan menanyakan kapan pengumuman hasil wawancara akan disampaikan.

    Menghadapi tes wawancara kerja butuh persiapan yang baik. Apalagi para pencari kerja cukup banyak, kita harus jeli dan menonjolkan kemampuan. Tidak mudah untuk lolos tes wawancara. Kita butuh strategi untuk sukses wawancara, dengan persiapan yang baik, mencari informasi tentang perusahaan terkait, dan tetap tenang dalam menjawab pertanyaaan adalah tips sukses wawancara.

Referensi:

Atikawati, E., & Udjang, R. (2016). Strategi Rekrutmen dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 4(1).

Kurnia, R. M. & Santoso, M.B. (2018). Proses Rekrutmen dan Seleksi Pekerja P3L UNPAD. Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2).

Sumber gambar:

https://amp.suara.com/lifestyle/2018/02/03/140229/ingin-lolos-seleksi-masuk-bumn-ikuti-5-tips-berikut-ini

https://m.tribunnews.com/amp/nasional/2019/11/04/tips-dan-trik-lolos-tahap-wawancara-kerja-datang-lebih-awal-hingga-jaga-kontak-mata

https://pintaria.com/blog/kiat-sukses-saat-wawancara-kerja

29 comments:

  1. Mungkin para pelamar kerja yang ditolak karena cara bicaranya yang kurang, tingkah laku yang kurang baik biaa jadi. Bagus sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Mantap,,,
    Buat pembelajaran kita untuk melakukan mencari kerja

    ReplyDelete
  3. Sekarang mau wawancara sebagus apapun kalau gak ada orang dalam sepertinya percuma apa lagi di negara +62

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada usaha yang menghianati hasil, kita harus memiliki strategi yang unik contohnya menyebar lamaran pekerjaan sebanyak-banyaknya, saat mendapat panggilan interview persiapakan dengan matang

      Delete
  4. Wah menarik juga, bermanfaat untuk para fresh graduate atau yg pada mau cari kerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, ini bisa menjadi tips untuk fresh graduate

      Delete
  5. Dari pengalaman saya saat gugup diwawancarai. Mungkin setelah membaca ini saya menjadi lebih mempersiapkan diri jika nanti wawancara lagi. Terimakasih banyak..

    ReplyDelete
  6. Nice, sangat bermanfaat sekali kak Tips&trick nya jg bagus dan juga dapat menambah wawasan. Semangat terus!

    ReplyDelete
  7. Jangan memikirkan tentang hasil akhir, karna akan mempengaruhi tingkat emosional saat interview.Intinya persiapan yg matang sebelum menghadapi interview mengenai pekerjaan yg di tawarkan merupakan hal yg penting. dan yg gak kalah penting adalah penguasaan emosional saat sebelum interview dan saat proses interview. Fokus buat apa yg menjadi tujuan memebuat proses interview menjadi lebih tertata.

    ReplyDelete
  8. Sedikit menambahkan. Kegagalan tes wawancara selain kurangnya persiapan, terkadang kurang jelinya pelamar terhadap pertanyaan pewawancara pertanyaan2 yang diberikan pewawancara sebenarnya tidak terlalu sulit bahkan mudah tetapi kurang jelinya kita terhadap pertanyaan sering membuat kita blunder. Makanya ketika pewawancara memberikan pertanyaan kita harus mulai berfikir karena berbeda dengan tes tertulis ketika wawancara kita diharuskan menjawab sesegera mungkin, jangan lupa untuk terus bersikap tenang dan berkepala dingin seperti yang disebuatkan diatas. Kemudian yang paling penting ketika kita wawancara kita harus merubah mindset kita yang tujuannya hanya untuk lolos, ketika masih memiliki pemikiran seperti itu kebanyakan malah mereka gagal. Kita harus merubah mindset kita menjadi "harus selalu melakukan yang terbaik dan yang terbaik dalam hal apapun." Ketika sudah menanamkan mindset seperti itu insyaallah kita akan mendapatkan hasil maksimal.

    ReplyDelete