1.6.20

Psikologi Sosial untuk Menghadapi Permasalahan Mahasiswa


Psikologi Sosial untuk Menghadapi Permasalahan Mahasiswa

Trias Sabila Rahmah
19310410036
Mata Kuliah : Psikologi Sosial
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami dan menjelaskan bagaimana pikiran, perasaan, dan tingkah laku seseorang dipengaruhi oleh kehadiran orang lain, baik secara nyata atau actual, dalam bayangan atau imajinasi, serta dalam kehadiran yang tidak langsung (implied) (Allport,1985). Ruang lingkup ilmu psikologi sosial ini dibagi menjadi tiga bagian. Pertama adalah studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu yang dicontohkan seperti studi tentang persepsi, motivasi proses belajar. Kedua adalah studi tentang proses individu bersama.Misalnya saja tentang bahasa, sikap, perilaku dan lainnya. Terakhir adalah studi tentang interaksi dalam kelompok seperti kepemimpinan, komunikasi, persaingan, kerjasama dan masih banyak lagi.

Sejak dulu hingga kini, banyak sekali masalah-masalah sosial dalam kehidupan sosial. Dikalangan mahasiswa, banyak sekali masalah-masalah sosial yang dihadapi para mahasiswa. Mulai dari awal mereka beradaptasi baik dengan lingkungan mereka yang baru maupun dengan sistem pembelajaran yang mereka jalani. Ada yang cepat menyesuaikan dengan lingkungan tetapi banyak pula yang kesulitan dalam menghadapi perubahan mereka terkadang ada yang merasa kurang nyaman sehingga mengganggu aktivitas yang mereka lakukan.

Selain itu, sering kali kita menjumpai mahasiswa yang mengaku salah jurusan. Tidak sedikit mahasiswa yang mengaku secara terang-terangan bahwa dirinya salah jurusan, tidak sesuai dengan minatnya, hingga mengambil jurusan yang ia jalani sekarang ini karena keinginan orang tua. Mahasiswa menjadi merasa kebingungan untuk mengenali diri dan kemampuan mereka sendiri, padalah hal tersebut seharusnya sudah diketahui sebelumnya. Akibatnya banyak mahasiswa yang merasa salah jurusan, tidak menemukan bakatnya sampai sekarang dan bahkan mereka belum paham juga dengan apa yang mereka minati, sehingga mereka dengan mudahnya terbawa arus kesana kemari, bingung dengan apa yang seharusnya mereka lakukan sebagai mahasiswa dan bagaimana cara menata masa depan mereka.

Salah jurusan adalah fenomena yang paling umum terjadi di kehidupan mahasiswa. Hal ini sangat penting untuk dibahas dan dipelajari, tentunya agar dapat mengetahui bagaimana cara menjadikan generasi-generasi lebih berkualitas dalam menata masa depannya kelak.

Adanya cabang ilmu psikologi sosial ini diharapkan tidak hanya berhenti pada tataran teori semata namun juga akan mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Secara terperinci, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kajian psikologi sosial ini. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah:
1.                   Memberikan gambaran kepada manusia, tentang bagaimana manjalin kehidupan bermasyarakat yang ideal. Hal ini terkait antara kodrat manusia sebagai makhluk individu yang sekaligus juga sebagai makhluk sosial.
2.                   Mencegah terjadinya konflik ditengah kehidupan masyarakat. Sebab, dengan memahami psikologi sosial bisa mengatasi kesenjangan ego yang muncul dari setiap individu dalam hubungannya dengan masyarakat.
3.                   Memberikan solusi ketika muncul konflik di tengah masyarakat. Dengan memahami konsep yang ada dalam psikologi sosial, kita bisa mengetahui karakter suatu masyarakat. Sehingga ketika muncul sebuah konflik di tengah masyarakat akan mudah ditemukan solusi sebagai jalan tengah dari permasalahan yang ada tersebut.
4.                   Sebagai pedoman masyarakat, dalam mengelola setiap perbedaan yang muncul di tengah masyarakat. Dengan demikian, pada nantinya setiap perbedaan yang ada tersebut bisa digunakan sebagai modal untuk mencapai tujuan bersama. Bukan sebaliknya, menjadikan perbedaan yang ada untuk memicu perselisihan di antara sesama anggota masyarakat.


Referensi :
https://epsikologi.com/psikologi-sosial/ (Diakses pada 1 Juni 2020)
https://www.kompasiana.com/rofingah/58f0448f8423bd9f34c7e464/psikologi-sosial-dalam-mebangun-motivasi-mahasiswa?page=all (Diakses pada 1 Juni 2020)


0 comments:

Post a Comment