1.6.20

PENTINGNYA PELATIHAN TERHADAP KARYAWAN BARU


Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Windyangreni Mika / 19310410047

Perusahaan memiliki tujuan dan sasaran perusahaan untuk dapat memperoleh laba maksimal yang ingin dicapainya. Sumber daya manusia memegang peranan paling penting dan potensial bagi keberhasilan suatu perusahaan mengingat sumber daya manusia merupakan penentu kegiatan perusahaan baik perencanaan, pengorganisasian, serta pengambilan keputusan. Seiring berkembangnya ilmu dan pengetahuan yang makin maju maka perusahaan dituntut untuk lebih dapat menjadikan karyawannya lebih terampil dan terlatih dalam mengerjakan tugasnya. Oleh karena itu perusahaan berinisiatif untuk mengadakan program pelatihan dan pengembangan bagi karyawan, karena pelatihan dan pengembangan membuat mereka lebih percaya diri sehingga menimbulkan rasa puas dalam bekerja dan lebih dihargai, serta mampu berusaha untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan bagian penjualan. Simamora (2004 : 273) Pelatihan dan pengembangan adalah dua istilah yang kadang-kadang digunakan secara bersama-sama maupun secara bergantian. Pelatihan (training) mengandung maksud untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan/keterampilan serta merubah sikap/perilaku karyawan ke arah yang produktif. Selain itu, pengertian pelatihan secara sederhana didefinisikan oleh Pramudyo (2007 : 16) sebagai proses pembelajaran yang dirancang untuk mengubah suatu kenirja dari seseorang dalam melakukan pekerjaannya.

Pelatihan dan pengembangan SDM yang tepat, dapat memberikan efek yang baik kepada karyawan. Karyawan dapat mengembangkan diri dan mampu memahami seluk-beluk pelaksanaan pekerjaan lebih mendalam, dapat memahami perkembangan perusahaan, memahami sasaran yang akan dicapai perusahaan, mengerti akan perlunya kerjasama dalam melaksanakan pekerjaan, dapat dengan mudah memahami Informasi yang disampaikan perusahaan, dapat memahami setiap kesulitan-kesulitan yang dihadapi perusahaan, mampu melakukan hubungan-hubungan dengan lingkungan, mampu memahami kebijaksanaan dan peraturan yang berlaku dalam perusahaan, mampu memahami sistem dan prosedur yang digunakan dalam pelaksanaan tugas perusahaan. Akan ada banyak manfaat yang dirasakan oleh perusahaan jika melalukan pelatihan terlebih dahulu kepada para karyawannya, manfaat-manfaat tersebut diantaranya adalah,

1. Bisa menemukan potensi para karyawan dalam perusahaan

Tidak semua karyawan dalam perusahaan mengetahui apa potensi mereka. Dengan adanya program pelatihan dan pengembangan SDM yang diberikan oleh perusahaan, secara tidak langsung karyawan akan mengetahui skill apa saja yang harus mereka kuasai. Nantinya para karyawan dapat mengetahui apa yang menjadi potensinya sehingga dapat digali lebih dalam terutama yang akan menguntungkan untuk perusahaan agar lebih berkembang dan maju.

2. Mampu meningkatkan produktivitas karyawan dalam perusahaan

Seperti yang kita ketahui bahwa produktivitas seorang karyawan tentu  akan sangat berdampak besar pada kemajuan perusahaan. Dengan adanya pelatihan sebelum mulai bergabung diperusahan tentu juga akan membantu mereka untuk dapat lebih belajar mengenai skill terbaru yang sesuai agar bisa mendukung pekerjaanya, seperti bagaimana berkomunikasi dengan baik, bagaimana cara memecahkan suatu permasalahan, bagaimana cara memimpin sebuah tim dan mengenai bagaimana agar bisa berprestasi dalam perusahaan.

3. Mengurangi Konfrontasi Dalam Perusahaan

Pelatihan yang baik akan mampu membahas mengenai permasalahan yang mungkin dimiliki oleh para karyawan di tempat kerjanya. Dengan demikian, setelah pelatihan dilaksanakan, mereka bisa mempraktekkan cara-cara mengatasi permasalahan yang selama ini terjadi. Selain itu dengan melakukan pelatihan terhadap para pekerja tentu akan membantu ketegangan dan konfrontasi yang di dalam perusahaan bisa dicairkan secara alami. Nantinya, perusahaan akan merasakan bahwa konfrontasi yang ada menurun drastis karena interaksi yang sehat diantara karyawan.

4. Meningkatkan Produktivitas

Lewat pelatihan karyawan dibantu untuk meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri dalam bekerja. Mereka akan belajar skill-skill baru yang relevan untuk mendukung pekerjaannya seperti misalnya, skill berkomunikasi, skill memecahkan persoalan, skill memimpin tim dan skill berpresentasi. Peningkatan skill inilah yang nantinya akan membawa kepada peningkatan produktivitas karyawan.
Beberapa hal tersebut akan menjadi keuntungan tersendiri bagi katyawan dan juga perusahaan, ketika memutuskan untuk melakukan pelatihan kerja terlebih dahulu sebelum karyawan diizinkan untuk memulai pekerjaannya. Dengan meningkatnya kinerja karyawan menjadi lebih baik akan membuat perusahaan berkembang dengan lebih pesat lagi.

Daftar pustaka:

https://media.neliti.com/media/publications/90365-ID-pengaruh-pelatihan-dan-pengembangan-kary.pdf
https://sleekr-co.cdn.ampproject.org/v/s/sleekr.co/blog/pentingnya-pelatihan-dan-pengembangan-
http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jmdk/article/download/1212/939
https://www-linovhr-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.linovhr.com/manfaat-pelatihan-dan-pengembangan-
https://presenta-co-id.cdn.ampproject.org/v/s/presenta.co.id/artikel/manfaat-pelatihan-pengembangan-sumber-daya-manusia/

0 comments:

Post a Comment