5.6.20

ATASI SEMANGAT KERING SAAT BELAJAR DARING

Atasi Semangat Kering Saat Belajar Daring 

ERLYNA RAHMA SARI (19.310.410.084)

Mata Kuliah : Psikologi Sosial I

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Sejak kasus virus corona mulai meningkat, sekolah atau universitas saat ini tidak lagi melakukan aktivitas seperti biasanya, karena pemerintah memberlakukan sistem di rumah saja maka kegiatan belajar mengajar baik formal atau informal yang setiap hari dilakukan peserta didik semuanya harus di lakukan di rumah. Pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dianggap menjadi solusi kegiatan belajar mengajar tetap jalan di tengah pandemi corona. Sudah satu bulan lebih metode belajar daring diterapkan. Mulai dari absen, pemberian tugas, hingga diskusi dilakukan secara daring. Belajar daring adalah pembelajaran jarak jauh melalui media internet. Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar daring. Metode ini, memang membantu kegiatan belajar mengajar. Namun di sisi lain, belajar daring kurang optimal. Lama-lama membuat semangat kering karena pemberian tugas yang dua kali lebih banyak dari biasanya, jaringan internet tidak stabil, banyaknya aplikasi belajar daring yang digunakan, dan individu belum bisa mengatur waktu dengan baik. Hal ini, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Pemberian motivasi dan pengoptimalan belajar daring menjadi kunci utama mengembalikan semangat.


Kerap kali rasa malas datang saat belajar. Semangat pun ikut luntur. Motivasi belajar diperlukan agar semangat mencari ilmu. Semangat juga harus dipupuk setiap harinya sehingga dapat mengikuti belajar daring dengan optimal. Bagaimana cara mengembalikan semangat belajar daring? Salah satu cara mengembalikan semangat belajar daring adalah dengan memberikan motivasi dan tips belajar daring secara optimal.


Pemberian kata-kata motivasi bisa menjadi penunjang semangat. Kata-kata motivasi ini bisa diberikan kepada saudara, teman, atau bahkan bisa anda katakana kepada diri sendiri, sehingga semangat belajar selalu ada.  Berikut kata-kata motivasi yang sudah dipilih:

1.      Mengubah dunia

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa digunakan untuk mengubah dunia." -Nelson Mandela

2.      Demi masa depan

"Pendidikan adalah paspor untuk masa depan, untuk hari esok yang dimiliki oleh mereka yang mempersiapkannya hari ini." -Malcolm X, Aktivis Muslim AS

3.      Bodoh sepanjang hidup

"Barangsiapa tidak mau merasakan pahitnya belajar, ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya." -Imam Syafi'i rahimahullah

4.      Jangan pernah berhenti belajar

"Jangan pernah berhenti belajar, karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan." –Anonim

5.      Usaha

"Jika kau menginginkan sesuatu dalam hidupmu yang tak pernah kau punya. Kau harus melakukan sesuatu yang belum pernah kau lakukan." -JD Houson

6.      Membuka dunia

"Pendidikan adalah satu-satunya kunci untuk membuka dunia ini, serta paspor untuk menuju kebebasan." -Oprah Winfrey

7.      Ikhlas

"Ikhlaslah belajar. Bahkan yang paling berilmu dan bijak di antara kita masih rajin belajar." –Mario Teguh (Liputan6).


Merangkum dari laman resmi Guru Berbagi Kemdikbud RI, ini 6 tips selama di rumah belajar daring:

 Motivasi diri;
Ciptakan motivasi untuk belajar dengan cara berikut:

Buat perjanjian dengan diri sendiri kalau kamu baru bisa melakukan aktivitas favoritmu (seperti nonton atau main game) setelah semua target belajar tercapai.

Tulis dan pajang pepatah motivasi favorit kamu di dekat meja belajar. Kamu juga bisa minta bantuan dari keluarga atau teman-temanmu untuk mengingatkan kamu.

 Atur waktu;

Pergunakan waktu belajarmu dengan efektif dengan teknik Pomodoro berikut. Tentukan target harian dan jam belajar kamu setiap paginya. Buat daftar tugas dan komunikasikan jadwal belajar kamu kepada keluarga atau temanmu supaya bisa ikut memonitor dan membantu kamu. Mulailah bekerja dengan mengikuti teknik mengatur waktu Pomodoro berikut: 

  • Buat daftar tugas yang harus dikerjakan
  • Kerjakan tugas selama 25 menit
  • Centang daftar tugas yang sudah terlaksana
  • Istirahatlah selama 5 menit
  • Bali bekerja selama 25 menit + 5 menit istirahat. Ini adalah satu kegiatan Pomodoro
  • Kembali bekerja selama 25 menit + 5 menit istirahat. Ini adalah satu kegiatan Pomodoro
  • Setelah melaksanakan teknik 4 Pomodoro, lakukan istirahat panjang (30 menit).
  • Setelah semua tugas di daftarmu selesai, lakukan aktivitas lain untuk pengembangan diri kamu.

3.      Mengerjakan tugas dengan hobi;

Pastikan kamu dapat mengerjakan tugas yang diberikan dengan tepat dengan langkah berikut:

  • Baca penugasan dari guru dengan teliti. Jika belum mengerti, bertanyalah kepada guru atau teman kamu melalui aplikasi chat, SMS, atau telepon.
  • Untuk pembelajaran daring, pastikan kamu sudah menyiapkan HP atau laptop, koneksi internet yang stabil, kuota yang cukup, dan aplikasi belajar yang dibutuhkan.
  • Untuk pembelajaran berbasis proyek, pastikan alat dan bahannya sudah tersedia di rumahmu. Jika ada kendala, langsung laporkan ke orangtua, guru, atau komunikasikan kepada teman.
  • Setelah selesai, laporkan atau kirimkan hasil kerjamu kepada guru dan orangtuamu. Supaya tidak bosan, setelah mengerjakan tugas sekolah, kamu bisa menyegarkan diri dengan berolahraga, memasak, atau melakukan aktivitas favoritmu.

4.      Tanya orang;

Meskipun tidak bertemu langsung, bukan berarti kamu tidak berinteraksi dengan orang lain. Kamu bisa tetap berkomunikasi dengan orang-orang terdekatmu untuk membantu proses belajarmu dan memastikan kamu tahu apa yang terjadi di sekelilingmu.

  • Orangtua: kamu bisa berdiskusi tentang proyekmu atau isu-isu terkini.
  • Guru: kamu bisa bertanya tentang tugas atau meminta masukan atas hasil tugas yang dikerjakan.
  • Teman-teman sekelas: kamu bisa saling memberi kabar, berdiskusi tentang tugas dan isu-isu terkini.
  • Website sumber belajar dan platform berita: kamu bisa mencari referensi tugas dan membaca berita-berita terkini.

5.      Ulang materinya lagi;

Mengerjakan tugas saja kadang tidak cukup untuk memahami materi pembelajaran. Cara berikut bisa kamu coba untuk benar-benar memahami pelajaran dengan mengulang materinya kembali.

  • Nonton video-video pembelajaran online. Diskusikan materi yang dipelajari dengan teman-teman kamu di group chat.
  • Buat rangkuman atau peta konsep materi tersebut yang dapat membantu kamu mengulang kembali materi tersebut di masa depan.
  • Kerjakan soal-soal tambahan kalau kamu butuh tantangan lebih.

6.     Lanjut dan perbaiki;

Setelah mencoba strategi belajar ini, renungkan kembali apakah pola ini berhasil bagi kamu:

  • Jika sudah berhasil, bagaimana supaya lebih optimal? (Kompas)

Demikian Pembahasan mengenai motivasi dan tips belajar daring. Motivasi belajar sangat membantu untuk mengembalikan semangat mencari ilmu. Belajar daring perlu strategi yang baik agar terlaksana dengan optimal.

Referensi:

https://m.liputan6.com/citizen6/read/3873054/kata-kata-motivasi-belajar-singkat-agar-semangatmu-kembali-membara (diakses pada 3 Juni 2020)

https://amp.kompas.com/edukasi/read/2020/04/28/174620771/ingin-belajar-di-rumah-lebih-optimal-ini-6-tips-bagi-siswa (diakses pada 3 Juni 2020)

Referensi gambar:

https://m.liputan6.com/citizen6/read/4216626/3-tokoh-peduli-pendidikan-ini-berbagi-cara-belajar-daring-yang-seru-dan-efektif (diakses pada 3 Juni 2020)

https://www.koranmadura.com/2020/04/corona-belum-berlalu-masa-belajar-daring-di-sampang-diperpanjang/ (diakses pada 3 Juni 2020)

https://www.kompasiana.com/amp/khairunazri/5ea97d4cd541df34f35ec4e7/peran-pembelajaraan-daring-dan-peran-guru-di-masa-covid-19 (diakses pada 3 Juni 2020)

0 comments:

Post a Comment