16.4.20

Enzim Daur Ulang Botol Plastik Dalam Hitungan Jam ditemukan


 ENZIM DAUR ULANG BOTOL PLASTIK DALAM HITUNGAN JAM DITEMUKAN

Marsum
183104101187
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu Dr.,Dra.Arundati Shinta,MA


        Para peneliti dari perusahaan pengembangan industri, carbios mengklaim telah menciptakan enzim bakteri yang dapat melebur botol plastik untuk di daur ulang hanya dalam beberapa jam. Peneliti mengatakan enzim itu dapat memecah botol plastik PET menjadi komposit  kimianya masing-masing yang nantinya dapat digunakan kembali untuk membuat botol baru. Peneliti mengatakan enzim bernama ‘PET hidrolase’ dapat memecah 90 persen polimer PET hanya dalam sepuluh jam. Pet hidrolase juga diklaim sangat efisien dan optimal dibandingkan dengan strain bakteri pengurai plastik yang disebut 201-F6. Melansir science alert, enzim baru ini sangat hemat biaya untuk diproduksi. Para peneliti juga mengatakan enzim itu membuat proses pembuatan plastik lebih untuk produksi. Para peneliti juga mengatakan enzim itu proses pembuatan plastik lebih hemat 25 kali lipat dibandingkan dengan menggunakan minyak. “ini adalah terobosan nyata dalam daur ulang dan pembuatan PET” kata anggota komite ilmiah carbios, saleh jabarin.

        Para peneliti berharap dapat menguji enzim itu untuk kebutuhan industri dan komersial pada tahun 2021 di perancis. “Tujuan kami adalah untuk berdiri dan berjalan pada tahun 2024, 2025 pada skala industri besar”, wakil kepala eksekutif di carbios martin stephan. Melansir the guardian, peneliti mengaku pertama kali menemukan enzim tersebut dalam tumpukan kompos daun. Dalam habitat, enzim mereduksi botol menjadi blok bangunan kimia yang kemudian digunakan untuk membuat botol baru berkualitas tinggi. Teknologi daur ulang yang ada biasanya hanya menghasilkan plastik yang cukup baik untuk pakaian dan karpet. Perusahaan carbios mengatakan telah bermitra dengan perusahaan besar termasuk pepsi dan L’Oreal untuk mempercepat pengembangan. Pakar independen menyebut enzim baru itu kemajuan besar. Penemuan enzim itu terungkap dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal nature. Para ilmuwan menganalisis enzim dan memperkenalkan mutasi untuk meningkatkan kemampuannya memecah plastik PET dari mana botol minuman dibuat. Mereka juga membuatnya enzim stabil di suhu 72 derajat celcius, dekat dengan suhu sempurna untuk degradasi cepat. Tim menggunakan enzim yang di optimalkan untuk memecah satu ton botol plastik bekas yang terdegradasi 90 persen dalam waktu 10 jam. Para ilmuwan kemudian menggunakan bahan tersebut untuk membuat botol plastik baru.

Referensi:
https://www.cnnindonesia.coom/teknologi/20200409171320-199-492199/enzim-daur-ulang-botol-plastik-dalam-hitungan-jam-ditemukan.




0 comments:

Post a Comment