4.4.20

COVID-19: Tips dan Trik Belajar serta Keuntungan saat Pandemi Virus Corona



COVID-19: Tips dan Trik Belajar serta Keuntungan saat Pandemi Virus Corona
Fa Shintariesa Adanty Naufaline (19310410021)
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Mata Kuliah : Psikologi Perkembangan I
Dosen Pembimbing: Eny Rohayati, S.Psi., M.Psi

Ditetapkannya status pandemi Virus Corona atau COVID-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah diiringi dengan berbagai kebijakan sekolah untuk meliburkan para murid. Tak sedikit pula institusi pendidikan yang melakukan kelas online agar proses belajar mengajar tetap berjalan. sistem tersebut berguna bagi anak-anak yang belajar di rumah dengan sistem virtual, berbagai keuntungan bisa didapatkan antaranya : 
1.      Melatih kepercayaan diri anak
Belajar online secara tidak langsung bisa meningkatkan kepercayaan diri anak sebab tak sedikit anak yang merasa takut dan malu untuk menyampaikan pendapat di kelas. Salah satunya karena banyak murid yang memperhatikan mereka berbicara. Namun, dengan kelas online, sikap gugup bisa perlahan hilang karena dilatih dengan diskusi tanpa tatap muka.
2.      Belajar menjadi lebih efisien
Saat belajar di sekolah, efisiensi dari segi apa pun bisa didapat. Pertama dari segi pakaian, anak-anak tentu tidak membutuhkan seragam. Transportasi juga tidak diperlukan karena cukup belajar dari rumah tanpa pergi ke sekolah. Pengeluaran berupa uang jajan dan biaya tak terduga seperti membeli buku dan alat tulis juga tidak dialami karena semua dikerjakan online.
3.      Pelajaran lebih mudah ditangkap
Berbeda dengan kelas biasa, di mana guru hanya akan menerangkan sesuatu dalam satu waktu, belajar di kelas online memudahkan pendidik untuk menyimpan apa yang telah disampaikan. Hal ini tentu memudahkan murid untuk mengulang dan memutar sebanyak apa pun yang mereka mau sehingga saat anak tidak mengerti, ia bisa mendengarkan penjelasan guru terus menerus sampai paham.
Tetapi hal ini juga berdampak pada kebosanan anak jika melalukan hal tersebut berulang-ulang selama jangka waktu yang lama yang menyebabkan anak tersebut menjadi bosen jenuh. Disamping itu pula ada berbagai cara agar anak tersebut tidak jenuh/bosan saat belajar ketika pandemi Covid-19.
1.      Belajar dengan Ngemil
Agar belajar tidak bosan dan tidak mudah lelah belajar sambil makan makanan ringan atau minuman bisa membuat proses belajar pada anak tersebut lebih fokus dan tidak jenuh.
2.      Belajar dengan musik
Saat masuk pada pelajaran berhitung, baiknya jika anak dapat mendengarkan alunan musik yang menenangkan. Hal tersebut dapat membuat anak jauh lebih rileks dan nyaman dalam mengerjakan tugas/belajar dirumah. Tidak usah kawatir dengan anggapan bahwa musik akan merusak konsentrasi dari anak dalam belajar. Malah sebaliknya, musik yang mempunyai alunan suara merdu akan membuat ketenangan dari anak.
3.      Buat tempat belajar yang disukai oleh anak
Untuk membuat anak betah dalam belajar di rumah, lebih baik jika anak mendapatkan tempat belajar yang nyaman. Mulai dari pencahayaan yang terang, ventilasi udara yang sejuk, dan kondisi yang tenang.
4.      Belajar dengan permainan
Belajar dengan permainan akan lebih efektif jika diterapkan pada pelajaran yang membosankan dan sulit. Seperti pelajaran matematika. Saat belajar matematika, anak akan lebih suka jika diajak menghitung sesuatu yang nyata. Seperti sambil bermain kelereng dan kemudian menghitungnya. Kemudian belajar ilmu pengetahaun alam. Orang tua bisa mengajaknya bermain di halaman rumah walau hanya dengan menunjukkan pohon, akar pohon, bunga, kupu-kupu, belalang, dan lain sebagainya.

0 comments:

Post a Comment