4.4.20

Bosan saat karantina dirumah? Lakukan aktivitas ini

Mohammad Evansyah
19.310.410.049
Psikologi Perkembangan 1
Dosen pembimbing : Eny Rohayati S.Psi., M.Psi


      Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat, seperti common cold atau pilek dan penyakit yang serius seperti MERS dan SARS (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 29 Januari 2020). Virus ini pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina pada bulan Desember 2019, Dan dalam waktu singkat meluas ke beberapa negara di dunia di karenakan tingkat penyebaran sangat cepat dan mudah. Pada tanggal 4 April 2020 penderita Covid-19 di Indonesia berjumlah 2.092, meninggal 191, sembuh 150 (PHEOC Kemkes RI, 4 April 2020).
     Salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran virus ini adalah dengan melakukan phsycal distancing atau jarak fisik, ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus lebih luas lagi. WHO (World Health Organization) merekomendasikan menjaga jarak lebih dari 1 meter dari orang lain. Sementara, beberapa pakar kesehatan menyarankan untuk menjaga jarak setidaknya dua meter dari orang lain (Kompas, 1 April 2020). Saat ini pemerintah memberhentikan kegiatan diluar rumah baik pendidikan maupun pekerjaan dan menghimbau masyarakat untuk melakukan kegiatan dirumah dengan sistem online.
        Untuk mengatasi kebosanan , berikut beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu berkualitas selama di rumah.
Membaca buku
Membaca buku merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi rasa bosan ketika dirumah, selain menambah wawasan dengan membaca kita bisa mendapatkan inspirasi-inspirasi baru.
Menonton film
Menonton film juga bisa menjadi hal positif selama masa karantina. Pada hari biasa, kalian tidak memiliki banyak waktu untuk menonton film. Sekarang kalian bisa meluangkan waktu untuk menonton film favorit.
Olahraga
Teman-teman bisa melakukan kegiatan olahraga di dalam rumah. Dengan berolahraga, tubuh dapat terjaga imunitasnya dan terlihat lebih sehat, serta bugar. Lakukanlah olahraga ringan, seperti lari di tempat, push up, sit up, dan lainnya.
Bermain game online
Bermain game bisa menjadi hobi yang sehat untuk orang-orang selama masa karantina karena membantu menghilangkan stres dan rasa khawatir. 
Melanjutkan hobi yang tertunda
Disaat sibuknya pekerjaan dan padatnya jadwal kuliah kita tidak dapat mengembangkan hobi kita, dan ini saat yang tepat untuk mengurangi rasa bosan dengan melanjutkan hobi kalian yang tertunda seperti bermain musik, memasak, membuat kerajinan tangan, dan lainnya.
Istirahat
Terakhir, yang paling penting adalah istirahat. Ketika kondisi seperti ini, pikiran dan tubuh perlu banyak beristirahat agar tidak memengaruhi kondisi kesehatan. Maka dari itu, luangkanlah waktu untuk istirahat sejenak. Kalian bisa melakukan tidur saat siang hari yang biasanya jarang dilakukan, dan tidur malam lebih awal.
       Sekian beberapa tips untuk mengurangi rasa bosan selama dirumah. Mari kita mendukung langkah pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona lebih luas lagi dengan melakukan aktifitas dirumah dan mengikuti arahan dari pemerintah.
Semoga bermanfaat!

REFERENSI :
https://www.kemkes.go.id/article/view/20012900002/Kesiapsiagaan-menghadapi-Infeksi-Novel-Coronavirus.html (diakses pada 4 April 2020)
https://infeksiemerging.kemkes.go.id/ (diakses pada 4 April 2020)
https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/01/061500965/who-gunakan-istilah-physical-distancing-ini-bedanya-dengan-social?page=2 (diakses pada 4 April 2020)

0 comments:

Post a Comment