23.3.20

Stay Safe Stay At Home



COVID-19 : STAY SAFE STAY AT HOME
Putri Sartika / 19310410001
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pebmbimbing : Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi., M.A


Virus corona atau Imported Case yang artinya dimana sumber virus ini bukan berasal dari Indonesia tapi dari Luar Negeri. Jadi ini bisa virus ini bisa saja didapat dari ada beberapa kemungkinan ketika kita sedang berkunjung ke Luar Negeri ( jalan-jalan  / berpergian ) yang dimana Negara tersebut yang terjangkit virus corona atau bisa saja virus ini bisa saja di bawa oleh Negara Asing yang berkunjung ke Indonesia. Dalam hal ini contohnya adalah warga Negara Asing yaitu warga Negara Jepang yang menulari pasien 01 dan 02 di Indonesia. (https://youtu.be/v4qD8--yLb4, 21 Maret 2020)

WHO telah menetapkan covid-19 sebagai  Pandemi Global , lalu apa sih  Pandemi Global itu dan dampak ketika status ini sudah di umumkan ? Sebenernya ada beberapa level atau tingkatan status yang bisa saja di berlakukan sebelum sastus pandemi ini disemaatkan. Jadi sebelum pandemi itu ada yang namanya epidemi. Epidemi itu adalah adanya peningkatan jumlah kasus yang signifikan tapi hanya ada di satu wilayah, sebagai contoh pada pertama kali akhir tahun 2009 munculnya virus corona ini terjadi di Tiongkok, China di salah satu pasar seafood di wilayah China. Sedangkan pandemi itu sendiri yang artinya jumlah kasus yang signifikan tapi tidak hanya di satu wilayah tapi sudah menjalar tingkat kasusnya yang menyebabkan virus ini menular di beberapa wilayah beberapa Negara,seperti Korea Selatan, Italia, Jepang Malaysia dan bahkan di Indonsia. (https://youtu.be/pw7ARqtHAws, 21 Maret 2020).

Di beberapa Negara, seperti China, Italia, Jepang dan Malaysia sudh menerapkan  Lockdown dan ada beberapa negara juga yang hanya menerapkan  Sosial Distancing, seperti Negeri Korea Selatan dan Indonesia. Apa sih berbedaan Lokdown dengan Sosial  Distancing ? sebenarnya Lockdown dan Sosial Distancing itu mirip, tapi berbeda. Yang membedakannya adalah, kalau Social Distancing berarti harus menjaga jarak, boleh beraktivitas namun terbatas. Sedangkan Lockdown adalah kebijakan pemerintah yang mengkarantina suatu wilayah, satu wilayah akan di diisolasi seperti di Wuhan,China. (https://youtu.be/t_eDmNdIsDM, 21 Maret 2020).
 
Pentingnya dari  social distancing ini adalah tidak hanya menghindari hal  yang harus kita lakukan atau yang kita lakukan. Himbauan dari social distancing ini adalah sifatnya kalau tidak benar-benar urgent jangan keluar rumah. Kalaupun harus terpaksa keluar rumah karena harus melakukan sesuatu diluar rumah, yang paling penting harus jaga jarak dengan yang lainnya. Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan social distancing ini, seperti  work home, study from home ( bisa melalui video call ), yang awalnya kita sibuk dengan aktifitas kita dan waktu untuk berolahraga itu menjadi berkurang, kini dengan social distancing ini bisa melakukan olahraga dan bisa dilakukan juga bersama keluarga. Walaupun sosial distancing ini tetapi kesehatan tetap selalu dijaga, dan melakukan aktivitas lain bersama keluarga dirumah. (https://www.instagram.com/p/B90uIs4AgIt/?igshid=jwqvi9yemzwy, 23 Maret 2020).

Referensi :
1.      https://youtu.be/v4qD8--yLb4,  (diaskes, 21 Maret 2020)
2.      https://youtu.be/pw7ARqtHAws, (diaskes, 21 Maret 2020)
3.      https://youtu.be/t_eDmNdIsDM, (diaskes, 21 Maret 2020)


1 comment: