30.3.20

Stay at Home : Say No to Bosan!



Herlinda Desi Anggraini/19310410008
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi’45
Yogyakarta
Dosen Pembimbing : Eni Rohyati, M.Psi., Psikolog



Pada saat ini sekolah-sekolah yang ada di Indonesia mulai dari SD, SMP, SMA mengalihkan pembelajaran dengan sistem online. Hal ini disebabkan karena virus Corona yang sudah menyebar di Indonesia. Virus Corona adalah virus yang bisa menginfeksi sistem pernafasan. Batuk, pilek, sakit tenggorokan, demam, sakit kepala merupakan gejala-gejala yang muncul ketika seseorang terinfeksi virus Corona. Penularan virus Corona yang sangat pesat menyebabkan masyarakat resah sehingga melakukan social distance dan gerakan stay at home.
Lalu bagaimana caranya agar anak tidak bosan saat melakukan pembelajaran dengan sistem online dan melakukan gerakan stay at home? Yuk simak tips dan trik berikut :
Yang pertama, membuatkan jadwal belajar dengan waktu yang tepat. Contohnya, pagi hari setelah anak mandi dan sarapan, anak mulai mengerjakan tugas yang telah diberikan dengan sistem online. Kenapa pagi hari? Karena pada pagi hari mood anak masih baik dan produktif digunakan untuk belajar.
Kedua, setelah anak belajar diberikan waktu untuk beristirahat. Bisa dengan menonton televisi, membaca komik, mendengarkan musik, mewarnai, melukis, atau sesuai dengan hobinya. Hal ini sangat diperlukan untuk merelaksasi anak agar tidak bosan belajar.
Dan yang terakhir, ajak anak untuk membantu orang tua untuk membersihkan rumah. Mulai dari menyapu, menyiram tanaman, berkebun dan merapikan kamar. Berikan rutinitas baru kepada anak agar tidak bosan saat melakukan gerakan stay at home. 

Jadi, kita bisa menerapkan 3 tips dan trik tersebut saat melakukan gerakan stay at home. Jangan lupa tetap memberikan 1 hari libur kepada anak untuk memberikan aktifitas bebas yang tentunya tetap dilakukan di rumah. Semoga dengan kita melakukan social distance dan stay at home dapat mencegah penularan virus Corona.




Referensi : 
https://sukabumiupdate.com/detail/life/gaya-hidup/66274-Isolasi-Diri-dan-Kerja-dari-Rumah-9-Kegiatan-Ini-Bisa-Usir-Bosan (diakses pada 30 Maret 2020)

1 comment: