17.3.20

sampah jadi duit


Sampah Jadi Duit
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Psikologi Lingkungan
Rr.Sekarlangit Ayuningtyas
18.310.410.1179


 Hah kok bisa sih sampah jadi duit? Eits jangan salah tanggapan dulu, yang penulis sampaikan di sini bukanlah semacam sihir tetapi bagaimana cara mengolah sampah agar mempunyai nilai ekonomis. Sampah adalah sisa buangan dari suatu produk atau barang yang sudah tidak digunakan lagi, tetapi masih dapat di daur ulang menjadi barang yang bernilai. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan
tentang manfaat sampah  
Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa mahkluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia untuk dapat terurai.Sampah organik bisa dikatakan sebagai sampah ramah lingkungan bahkan sampah bisa diolah kembali menjadi suatu yang bermanfaat bila dikelola dengan tepat. Tetapi sampah bila tidak dikelola dengan benar akan menimbulkan penyakit dan bau yang kurang sedap hasil dari pembusukan sampah organik yang cepat.
Sampah anorganik adalah sampah yang sudah tidak dipakai lagi dan sulit terurai. Sampah anorganik yang tertimbun di tanah dapat menyebabkan pencemaran tanah karena sampah anorganik tergolong zat yang sulit terurai dan sampah itu akan tertimbun dalam tanah dalam waktu lama, ini menyebabkan rusaknya lapisan tanah.
Banyak manfaat sampah organik  bisa menjadi sumber pemasukkan bila diolah yang bermanfaat. Bahkan dapat menimimalisir banyak sampah di tempat pembuangan akhir. Berikut manfaat sampah organik yang dapat anda coba diantaranya Sampah Organik Untuk Kompos / Pupuk Organik, Untuk Tambahan Pakan Ternak dan dapat diubah menjadi biogas dan listrik.

Sementara manfaat manfaat sampah anorganik yang bisa kita manfaatkan adalah dengan membuat kerajinan dari sampah / limbah tersebut. Misalnya sampah plastik dapat dibuat tas, taplak meja makan, pernak pernik. Anda bisa mengelola sampah dengan prisnsip 3R. (Reuse Reduce Recycle) Setiap Hari. Pengelolaan sampah dengan sistem 3R bisa dicoba oleh setiap orang dan kapan saja. Sebab menangani sampah dengan prinsip 3R hanya membutuhkan meluangkan waktu dan kepedulian akan timbulnya penyakit dari sampah.
Contoh nyata kegiatanya adalah kegiatan reuse (penggunaan kembali) sehari-hari: Menggunakan kembali wadah yang sudah kosong untuk fungsi yang lain.
Memakai kertas yang masih kosong untuk keperluan menulis

Contoh kegiatan reduce (penggurangan) sehari-hari:
Memilih produk dengan kemasan yang bisa di daur ulang,
Hindari pengunaan dan pemakaian produk yang menimbulkan banyaknya   sampah, Menggunakan produk yang bisa di isi ulang kembali, dan Menghindari penggunaan barang yang tidak pelu
Contoh kegiatan recyle (daur ulang) sehari-hari:
Olah sampah plastik menjadi kerajinan tangan dan Olah sampah organik untuk kompos
Dalam mengelola sampah bisa dengan di daur ulang supaya memiliki nilai yang bermanfaat lagi. Daur ulang adalah suatu cara untuk mengelola sampah dengan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan dan pembuatan produk sampai bernilai guna lagi. Kedua jenis sampah organik dan anorganik ini pun dapat kita tabung di bank sampah jika ingin secara instan mendapatkan uang.
Salah satu Bank sampah yang bisa penulis berikan rekomendasi adalah Bank Sampah Ngudi Mulyo yang berlokasi Di Kampung Glondong Desa Timbulharjo,Bantul Yogyakarta. (Depan Stadion Sultan Agung) karena bank sampah tersebut selain sudah terdaftar di badan lingkungan hidup DIY, membantu membuat lingkungan bersih juga ikut memberdayakan tenaga masyarakat desa sekitar.


0 comments:

Post a Comment