30.3.20

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN I
“Cara Atasi Anak Bosan Di Rumah dengan Kegiatan Berbeda”
Nur Roy Tri Rahayu
163104101129
Dosen pengampu : Eni Rohyati, S. Psi., M. Psi

Di tengah mewabahnya infeksi virus corona yang muncul di Indonesia sejak awal bulan Maret, sebagaian masyarakat di berbagai wilayah diharuskan untuk social distancing dan berdiam diri di rumah terutama pada anak-anak. Perasaan bosan, jenuh, dan kesepian mungkin menghinggapi banyak orang apa lagi anak-anak yang biasannya tidak bisa diam di dalam rumah, kini harus berada di dalam rumah dan menahan agar si anak tidak keluar dari rumah. 
Oleh sebab itu, para orang tua pun mencari-cari aktivitas untuk anak yang menyenangkan dan membuat si anak agar tetap di rumah tanpa bosan. Namun para orang tua tetap memberikan manfaat untuk tumbuh kembang si anak. Nah, di bawah ini beberapa kegiatan anak agar tetap semangat dan tidak bosan selama di rumah selain sekolah yang di pindah secara online.
Pertama, Mencoba resep baru dan memasak bersama si anak. Berdiam di rumah bersama si anak berarti ada lebih banyak waktu untuk mengajari hal baru. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu masak bersama. Para orang tua bisa mengenalkan pada anak resep sehat namun enak untuk di makan di tengah wabah coronavirus. Misalnya, dessert Oreo cheese cake berbahan oreo, cream cheese dan wipcream. Para ibu juga bisa membuat ice cream dengan bahan sayuran atau jagung dengan taburan keju. Memperkenalkan kegiatan memasak pada anak sendiri memberikan manfaat positif untuk si anak. Memasak membantu si anak mengeksplor jenis makanan membantu anak mencari kreatif.
Kedua, Orah raga dengan menonton video. Anak bosan selama masa physical distancing ditengah pandemi convid-19, aktivitas yang dapat dilakukan bersama anak salah satunya yaitu orang raga dengan menonton video. Caranya orang tua dan anak memgikuti olah raga yang ada dalam video. Biasanya kalau olah raga diluar rumah tanpa video, sekarang dibuat dengan olah raga mengikuti arahan yang di video agar si anak tidak merasa bosan atau garing. Jangan lupa siapkan ruangan dan video.
Ketiga Membuat Hand Sanitizer. Ini pas banget ditengah pandemi convid-19 sangat susah mendapatkan hand sanitizer, semisal ada pastinya membelinya juga di atas harga sebelumnya. Para orang tua bisa memanfaat membuat hand sanitizer sebagai kegiatan anak selama di rumah. Misalnya, dibuat dengan bahan aloe vera yang sudah kemasan dan alkohol dibawah 90%. Memperkenalkan kegiatan membuat hand sanitizer pada anak sendiri memberikan manfaat positif untuk si anak, mengajarkan anak supaya lebih mandiri dan bertanggung jawab akan kesehatan. Keempat, Bercocok tanam di teras atau balkon rumah. Sambil menghitung hari pandemi convid-19 berakhir, si anak bisa di kenalkan dengan kegiatan menanam. Apa bila orang tua khawatir dengan membeli bibit secara online, para  orang tua bisa menggunakan yang ada di dapur. Misalnya, jahe, kunyit, bawang merah. Bawang putih dan lain-lain. Selain menyenangkan dan menghilangkan rasa bosan, berkebun juga atau brcocok tanam juga mengajarkan anak tanggung jawab dan anak dapat belajar ilmu pengetahuan baru mengenai makhluk hidup.
Kelima, Membuat kerajinan tangan. Merangsang kreativitas anak dapat membantunya berkembang secara mental, sosial dan emosional. Membuat kerajinan tangan kemampua problem-solving anak juga akan diasah. Mebuat kerajinan tangan di masa pandemi convid-19 mengajarkan si agar supaya lebih kreatif dan tidak bosan. Misalnya, kemonceng dengan tali rafia atau melukis.
Anak tentu akan sangat bosan jika secara terus menerus di rumah, terlebih di masa-masa pandemi virus seperti convid-19 yang mengharusnya semua orang agar berada dirumah, melakukan semua aktivitas di rumah teruatama pada anak-anak. Ide mengajak anak untuk melakuka kegiatan seperti di atas bisa di lakukan agar di anak tidak merasa bosan, tentunya kegiatan di atas menghindari anak-anak untuk tidak bermain gagdet.


0 comments:

Post a Comment