21.3.20

PSIKOLOGI BERBAGI : 
“TIPS PELAJAR CEMERLANG &
CARA MENGHADAPI KEGAGALAN”


    Psikologi Berbagi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa jurusan psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Kegiatan ini diadakan untuk saling sharing dan berinteraksi dengan masyarakat. Dalam kegiatan ini, kami berbagi kepada teman-teman kelas sepuluh jurursan Keperawatan SMK Kesehatan Sadewa Yogyakarta. Tema yang kami ambil dalam kegiatan tersebut adalah “Tips Pelajar Cemerlang & Cara Menghadapi Kegagalan”. Kegiatan Psikologi Berbagi  ini kami laksanakan pada hari Rabu, tanggal 26 Februari 2020.
   Kegiatan ini kami buka dengan perkenalan setelah itu game sebentar untuk melatih konsentrasi para siswa. Setelah melakukan game, kami melanjutkan kegiatan dengan materi Tips Pelajar Cemerlang. Dalam presentasi ini, kami menyiapkan beberapa materi, salah satunya yakni cara belajar efektif. Tujuan kami mengambil tema tersebut adalah, agar para siswa-siswi mampu menjadi pelajar yang cemerlang dimasa sekarang serta mampu mengahadapi kegagalan-kegagalan yang dialaminya. Materi ini sangat cocok untuk para siswa karena bertepatan dengan  momen Penilaian Tengah Semester yang akan  segera dilaksanakan. Dengan adanya materi tersebut diharapkan para siswa dapat lebih mempersiapkan ujian dengan baik.
    Setelah menyampaikan materi tentang Pelajar Cemerlang, kami kemudian memberikan selingan kepada para siswa dengan game. Game yang kami berikan yakni game Gajah Semut yang bertujuan untuk melatih konsentrasi siswa. Selesai dengan game, kami kemudian menyampaikan materi tentang Bullying. Hal ini dikarenakan salah satu guru SMK Kesehatan Sadewa meminta kami untuk menambahkan materi tentang Bullying.
Dalam kegiatan Psikologi Berbagi ini, kami membagi tugas setiap anggota kelompok. Penyaji materi yakni Erlyna Rahma, Rifdah Nur, dan Elvira Julia.Untuk pemandu game yakni Nisa Armila dan MC yakni Trias Sabila.
    Dari kegiatan tersebut kami merasa beryukur karena telah bisa memberikan sedikit ilmu yang kami miliki dan disambut dengan semangat adik-adik yang begitu sangat antusias terhadap materi yang telah kami sampaikan. Dalam kegiatan ini dapat kita petik beberapa pelajaran. Pertama, belajarlah dari hal-hal yang kita sukai, ketika kita belajar dari hal-hal yang memang kita sukai akan terkesan lebih mudah untuk dilakukan. Kedua, jangan pernah takut untuk mencoba suatu hal yang baru, karena gagal adalah satu langkah menuju kesuksesan. Dan ketiga, berhati-hatilah dalam berucap ataupun bertindak. Karena bisa saja  apa yang kita lakukan dapat menyakiti hati orang lain, tanpa kita sadari.


Anggota Kelompok :
Elvira Julia (19310410075)
Erlyna Rahma Sari (19310410084)
Nisa Armila Gunawan (19310410076)
Rifdah Nur Aqilah (193104100
Trias Sabila Rahmah (19310410036)


Dosen Pembimbing : Fx.Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A. 

0 comments:

Post a Comment