15.3.20

PSIKOLOGI BERBAGI: REASPECT, RESPONSIBILITY, READINESS


PSIKOLOGI BERBAGI:

REASPECT,  RESPONSIBILITY,  READINESS


Kami mengadakan suatu kegitan berbagi ilmu kepada siswa sebagai upaya turut meningkatkan kualitas pendidikan di tengah masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa disertai dosen pembimbing ini disebut sebagai Psikologi Berbagi. Kelompok kami beranggotakan 5 orang mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yaitu Yanses Kala’ Iri dan Rika Rachmawati yang bertugas sebagai pemateri. Ganjar Dwi Lestari bertugas sebagai pembawa acara. Batrice A.J.C. Randan bertugas sebagai oprator, serta Eunike Oktavia K sebagai notulen dan dokumentasi. Kegiatan terlaksana di SMK Muhammadiyah 1 Berbah pada 25 Februari 2020.

Tema yang kami angkat yaitu 3R, terdiri dari Reaspect (rasa hormat/ menghormati), Responsibility (tanggung jawab), Readiness (kesiapan). Tujuan kami mengakat tema 3R ini yaitu untuk pembetukan karakter dan kepribadian khususnya siswa. Adapun games yang kami adakan bertujuan untuk menumbuhkan rasa respect, responsibility dan readiness pada siswa.

Psikologi Berbagi merupakan pengalaman baru yang tidak akan pernah terlupakan. Pengalaman yang kami peroleh seperti bagaimana cara meminta izin terhadap pihak sekolah, mencari materi yang sesuai dengan usia atau permasalah yang sekarang di alami maupun hal-hal umum yang sangat dekat dengan kehidupan anak sekolah jaman sekarang.

Kami merasa belum optimal dalam melaksanakan kegitan ini karena belum mampu mengajak audience yaitu para siswa untuk fokus serta akitif dalam sesi tanya-jawab. Tentunya banyak hal yang perlu kami tingkatkan lagi agar mencapai kata sukses dalam melaksanakan kegiatan ini. Hasil evaluasi yang perlu kami lakukan agar acara ke depannya terlaksana dengan baik yaitu lebih disiplin waktu, menyiapkan materi dengan matang, melatih skill berbicara di depan umum dan mengajak audient untuk lebih akif, serta mampu menghidupkan suasana.

Kegiatan Psikologi Berbagi yang kami lakukan ini tentu sangat mendukung pengembangan diri sebagai mahasiswa psikologi karena dari kegiatan inilah kami dapat belajar beriteraksi langsung dengan audient. Kegiatan yang melatih kemampuan ketika berhadapan dengan klient serta mampu melatih kemampuan berkomunikasi ketika berinterasi langsung dengan banyak orang.

Disusun oleh:
1.      EUNIKE OKTAVIA K               19310410010
2.      GANJAR DWI LESTARI            19310410012
3.      RIKA RACHMAWATI               19310410027
4.      BEATRICE ANGELIQUE JCR  19310410040
5.      YANSES KALA IRI                   19310410046

Dosen Pembimbing : Fx.Wahyu Widiantoro, S.Psi.,M.A. 

0 comments:

Post a Comment