17.3.20

PSIKOLOGI BERBAGI “PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP REMAJA”

PSIKOLOGI BERBAGI
“PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP REMAJA”

Psikologi berbagi merupakan suatu kegiatan yang di lakukan oleh mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dengan terjun langsung ditengah masyarakat serta didampingi oleh dosen. Pada hari jumat, 28 februari 2020 kelompok kami diberi kesempatan untuk melaksanakan kegiatan tersebut di SMK Muhammadiyah Pakem berlokasi di Jl. Pakem – Turi, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2019 merupakan salah satu tugas mata kuliah Psikologi Umum II dengan dosen pengampu Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi, MA. Dijelaskan bahwa untuk mempersiapkan kualitas lulus sarjana yang memiliki keterampilan kerja, dan berkarakter, maka dibutuhkan metode pembelajaran yang kreatif dan secara langsung dapat mengaplikasikan ilmu ke masyarakat.

Kelompok kami yang beranggotakan Fa Shinta dan Mita Dwi sebagai penyaji materi, Phrahasti Sito dan Tri Wahyu sebagai pemandu game dan Risva sebagai pemandu acara. Tujuan memilih tema “Pengaruh Media Sosial Terhadap Remaja” yaitu untuk menjelaskan dalam menggunakan media sosial yang baik dikalangan generasi milenial saat ini yang masih kurang paham terhadap dampak penggunaan media sosial. Didalam penggunaan media sosial terdapat dampak positif dan dampak negatif. Salah satu dampak negatif dalam penggunaan media sosial adalah kurangnya individu untuk bersosialisasi dalam lingkungan masyarakat serta terlalu mementingkan dirinya sendiri.

Kegiatan psikologi berbagi yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Pakem kelas 10 TKR-D (Teknik Kendaraan Ringan) yang terdapat 26 siswa, dan 1 siswi didalam kelas, kegiatan Psikologi Berbagi diharapkan mampu mengarahkan remaja supaya lebih bijak dalam penggunaan media sosial yang baik, oleh sebab itu maka kami memberikan materi tentang pengaruh media sosial terhadap remaja.

Para siswa-siswi antusias mendengarkan dan menerima ketika kami menyampaikan materi. Selesai menyampaikan materi kami memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai materi yang telah dijelaskan. Dan ada beberapa siswa yang memberikan pendapatnya dan memberikan pertanyaan kepada kami dan kami pun memberikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan mereka.
Untuk mencairkan suasana kami sajikan game berupa game lempar bola sambung huruf tujuan memberikan permainan ini agar meningkatkan konsentrasi dan kecakapan siswa. Setelah game, kami memberikan kesimpulan tentang materi yang kami sampaikan. Dan diakhiri dengan siswa-siswi memberikan kesan dan saran kepada kami, kami juga memberikan hadiah berupa makanan ringan sebagai tanda terima kasih.

Jadi kegiatan ini, bagi kami bukan hanya memberikan pemahaman kepada siswa-siswi tentang pentingnya bijak menggunakan media sosial. Tetapi juga, sebagai tempat dimana kami mengasah kemampuan dan pemahaman dari apa yang kami terima selama perkuliahan.

Mita Dwi Wijayanti (19310410037)
Phrahasti Sito R (19310410038)
Fa Shintariesa A.N (19310410021)
Tri Wahyu (19310410026)
Risva Subekti (19310410063)

0 comments:

Post a Comment