16.3.20

“PSIKOLOGI BERBAGI” MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI



“PSIKOLOGI BERBAGI”
MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI

Herlinda Desi Anggraini/19310410008
Fakultas Psikologi Universitas Prokamasi’45
Yogyakarta
Dosen Pembimbing :
1.    Dr., Dra. Arundati Shinta, MA
2.    Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA


 
Pada kesempatan kali ini, saya dan rekan-rekan satu kelompok mendapat kesempatan melaksanakan kegiatan “psikologi berbagi” di SMK BOPKRI 2 Yogyakarta, yang dilaksanakan hari Kamis, 27 Februari 2020. Kegiatan psikologi berbagi ini bertujuan untuk berbagi ilmu kepada adik-adik di SMK BOPKRI 2. Judul yang kami pilih adalah meningkatkan rasa kepercayaan diri. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, untuk sesi pertama materi dibawakan oleh Herlinda Desi Anggraini, Asma Maryam sebagai pembawa acara, Sekar Pramesthi sebagai notulen, Andi Purnawan dan Putri Sartika sebagai penyaji games. Di sesi kedua Andi Purnawan sebagai pemateri, Herlinda Desi sebagai pembawa acara, Putri Sartika sebagai notulen, Asma dan Sekar sebagai penyaji games.

Sesi pertama dilaksanakan pukul 07.30 di kelas  XII K-2, dan sesi kedua dilaksanakan pukul 08.45 di kelas XII K-1. Di kedua sesi tersebut antusias siswa sangat baik. Mulai dari bertanya, menjawab pertanyaan, bahkan sampai mengungkapkan permasalahan yang sedang terjadi di kelas. Hal itu adalah salah satu tujuan kami mengangkat judul meningkatkan rasa kepercayaan diri. Siswa berani bertanya dan menjawab pertanyaan modal utamanya adalah percaya diri. Selain itu tujuan kami mengangkat judul ini agar siswa bisa percaya diri pada kemampuannya saat menempuh ujian yang akan dihadapi.

Hal yang paling berkesan pada kegiatan tersebut adalah saat salah satu siswi menyampaikan masalah yang sedang terjadi di kelasnya. Dengan adanya penyampaian masalah tersebut kami berusaha menjadi penengah dan mendamaikan siswi dengan cara saling mengungkapkan hal yang membuat perselisihan dan saling memaafkan. Kami senang, adik-adik dari SMK BOPKRI 2 Yogyakarta bisa menerima kami dengan baik, mengikuti kegiatan dengan antusias yang tinggi, dan aktif dalam bertanya jawab.

Kami menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada ibu Yuli Karyati, M.Pd. Selaku Kepala Sekolah SMK BOPKRI 2 Yogyakarta yang telah memberikan ijin kepada kami untuk melaksanakan kegiatan “psikologi berbagi”. Terima kasih kepada ibu Risnawati Anggreni, S.PD.T yang telah mendampingi dan ikut berpastisipasi dalam kegiatan kami.

Kami berharap mahasiswa psikologi bisa melakukan kegiatan psikologi berbagi lebih sering lagi, karena dari kegiatan ini kami bisa belajar tentang betapa pentingnya berbagi ilmu kepada orang lain, pentingnya menghargai orang lain, dan pentingnya meningkatkan kepercayaan diri.

0 comments:

Post a Comment