8.3.20

PSIKOLOGI BERBAGI: KEDISIPLINAAN ADALAH KUNCI KEBERHASILAN

  
PSIKOLOGI BERBAGI: KEDISIPLINAAN ADALAH KUNCI KEBERHASILAN





  Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengadakan kegiatan Psikologi Berbagi. Kegiatan yang di dampingi oleh dosen pengajar, Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi.,M.A., langsung terjun ke sekolah-sekolah untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada para siswa SMA/SMK sederajat. Kelompok kami memilih SMK Negeri 1 Seyegan yang berlokasi Jl. Kebonagung, KM. 8,5, Mergomulyo, Seyegan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin, 2 Maret 2020.

  Kami mengambil tema “Kedisiplinaan adalah Kunci Keberhasilan” yang disajikan dengan menggunakan game “Berhitung”. Para siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok di kelas dengan cara berhitung secara acak dan mengganti beberapa angka dengan kata “dor”. Siswa yang salah, tidak sesuai perintah dalam permainan di beri hukuman untuk bernyanyi. 

  Kegiatan diikuti oleh 30 siswa kelas X jurusan TSM yang keseluruhan siswa nya laki-laki. Pembagian tugas dalam kelompok kami yaitu Bayu, Bangun dan Ayu berperan sebagai penyaji materi.  Hendawan sebagai pembawa acara serta Rizal dan Andri berperan sebagai penyaji permainan. Kegiatan disampaikan dalam waktu 2 jam pelajaran, pukul 10.15.-11.30. 



     Tema  Kedisiplinan adalah kunci keberhasilan yang kami sajikan mampu memotifasi   para siswa  kelas X jurusan TSM. Para siswa mampu menyadari betapa pentingnya disiplin dalam kehidupan sehari hari. Berusaha untuk membiasakan hidup disiplin maka siswa diharapkan bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara maksimal sehingga dapat meraih prestasi. Masing-masing anggota kelompok kami pun berbagi pengalaman dalam menerapkan disiplin di kehidupan sehari-hari.

         Siswa tampak begitu antusias dalam mengikuti materi yang disajikan dan bersemangat dalam melakukan game permainan psikologi. Ada kalanya mereka masih tampak malu sehingga terkesan kurang berani dalam merespon materi yang kami berikan. Pada akhir presentasi kami berikan kesempatan bertanya kepada siswa. Penyajian materi melalui game ternnyata sangat efektif untuk mengajak para siswa bersemangat mendengarkan instruksi dari kami.

      Kegiatan Psikologi Berbagi bagi kami merupakan kegiatan yang sangat tepat. Kegiatan yang memberikan sarat dengan pengalaman yang sangat berharga. Seperti melatih kami berbicara di depan umum, mengetahui macam macam karakter siswa ketika di kelas. Metode untuk melatih kami berkreasi dan komunikasi dengan lebih baik. Berdasarkan pengalaman yang kami dapatkan dan melihat respon yang diberikan oleh para siswa maka kami merasa kegiatan kami di SMK N 1 Seyegan terlaksana dengan sukses. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas kemampuan untuk berbicara didepan umum. Kami masih butuh upaya untuk membenahi cara berkomunikasi dalam penyampaian materi dengan bahasa yang lebih mudah di pahami.

Disusun oleh:
SRI AYU 19310410079
HENDAWAN CANDRA KUSUMA 19310410087
RIZAL ARIFFUDIN 19310410020
BAYU PRATAMA 19310410022
ANDRI WIJAYANTO 19310410023
BANGUN HANDOKO 19310420090

0 comments:

Post a Comment