9.3.20

PSIKOLOGI BERBAGI : "GENERASI MILENIAL YANG POSITIF "




            Psikologi berbagi merupakan suatu kegiatan yang di laksanakan oleh Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dengan langsung terjun di tengah masyarakat serta di dampingi oleh dosen . Pada kesempatan kali ini kelompok kami di beri kesempatan untuk melaksanakan kegiatan tersebut di SMK N 1 Seyegan berlokasi di Margomulyo Kec. Seyegan,Yogyakarta  sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan pada hari senin tanggal 7 maret 2020. Kami mengangkat tema "Generasi Milenial yang Positif" serta game yang dibawakan oleh  Fajril  ialah game “ Tes Analogi dan  Kemampuan Mengingat " yang disampaikan dalam waktu 2 jam pelajaran yaitu pukul 11:00 - 12:15 WIB,  pembagian tugas dalam kelompok yaitu Pak Teguh, Yudit, dan Bagus  berperan sebagai penyaji materi dan “Inry”  berperan sebagai penyaji permainan. Kegiatan diikuti oleh 32 siswa kelas 10 TBSM 1, SMK N 1 Seyegan.Tujuan menyajikan tema “Gener asi Milenial yang Positif”  yaitu agar dapat membentuk mental siswa menjadi lebih baik.  Kami juga menjelaskan kepada mereka pengertian dari milenial. Sebutan” milenial” disebabkan karena generasi saat ini yang tak lepas dari perkembangan teknologi. Mereka merasakan dan turut mengikuti perkembangan teknologi, sehingga disebut sebagai “Generasi milenial”.

            Materi yang kami sajikan diharapkan mampu mengarahkan agar para siswa  mampu berreasi secara lebih positf. Perkembangan teknologi yang canggih, tidak berdampak pada munculnya kenakalan remaja. Seperti yang saat ini terjadi misalnya seks bebas, mabuk-mabukan dan narkoba. Ada 3 tingkat kenakalan remaja yaitu: 1. Kenakalan  seperti berkelahi, keluyuran, bolos sekolah, pergi dari rumah tanpa pamit, 2.  Pelanggaran dan kejahatan seperti mengendarai mobil tanpa SIM , mengambil barang orang tua tanpa izin, 3. Kenakalan khusus seperti penyalahgunaan narkotika, hubungan seks diluar nikah, balap liar, pemerkosaan. Generasi milenial sudah seharusnya berbangga diri karena sebagai penerus bangsa yang cerdas. Dambaan bangsa agar dapat menjadi pelaku kebangkitan, pemimpin, bagian dari solusi. Remaja dengan efikasi diri tinggi dan memiliki cara positif dalam berkreasi. Generasi yang mempunyai motivasi kuat, belajar rajin, teguh pendirian, tidak malu bertanya, mencari informasi yang baik mencoba hal yang baik, mengembangkan diri dalam yang positif dengan cara mengatasi rendah diri, stress dan emosi, mencari kelebihan diri, percaya diri, kontrol emosi, berkomunikasi baik dengan orang tua dan guru.

             Kami juga menjelaskan cara mencegah dari pergaulan buruk, mencari teman yang baik, menggali prestasi sebanyak-banyaknya. Mampu berkata tidak misalnya menolak ajakan yang tidak bermanfaat seperti mabuk, nonton film porno.  Menolak ajakan yang jelas merugikan dan melanggar kesopanan  seperti mencuri, melakukan hubungan seks diluar pernikahan. Menolak ajakan untuk melakukan perbuatan yang menakutkan atau mencurigakan seperti halnya mengedarkan NAPZA.Siswa merespon dengan semangat terhadap materi dan permainan yang kami sajikan. Kami merasa sangat senang dengan adanya kegiatan Psikologi Berbagi ini.  Kegiatan ini memberikan kami pengalaman yang sangat berharga, melatih kami berbicara di depan umum, kami juga senang bisa berbagi pengalaman kepada para siswa dengan memberi motivasi dan semangat bagi mereka.Pengalaman kami di depan siswa memotivasi kami untuk belajar lebih giat lagi terlebih dalam memperbaiki kemampuan komunikasi. Kami berharap mampu bersama menjadi Generasi Milenial yang Positif.

Ditulis oleh :
1. Yudit Ilham (19310410018)
2. Bagus Muhlisin (19310410005)
3. Ahmad Fajril Saputra (19310410078)
4. Teguh Sundoro (19310410054)
5. Inry Riyanty Pieter (19310410077)
Dosen Pembimbing : FX.Wahyu Widiantoro,S.Psi.,M.A.

0 comments:

Post a Comment