8.3.20

PSIKOLOGI BERBAGI "BE YOURSELF"

Psikologi Berbagi “Be Yourself”




Psikologi Berbagi adalah kegiatan kreatif yang dilakuan oleh Mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dengan berinteraksi secara langsung  di tengah masyarakat.  Upaya melaksanakan kegiatan ini, kami dibagi ke dalam beberapa kelompok. Kami beranggotakan Mohammad Evansyah sebagai moderator, Novrizal Alifudin, Poppy Intan Permatasari, Tirsa Venta Han sebagai pembawa materi, Dan Ingga Octiana sebagai penyaji games.

   Tujuan memilih tema  “Be Yourself” yaitu untuk menjelaskan bahwa menjadi diri sendiri itu sangat penting. Apalagi dikalangan generasi milenial sekarang ini yang cenderung masih labil dan belum bisa menerima dan bersyukur atas apa yang dimilkinya.Kegiatan Psikologi Berbagi ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Berbah pada hari selasa 25 februari 2020.

     Kegiatan yang diikuti oleh 26 siswa – siswi kelas X jurusan Tata Busana terlaksana dengan lancar. Para siswa – siswi menyambut dan senang dengan kehadiran kami. Suasana kelas tenang dan kami menyampaikan materi dengan lancar. Kami menjelaskan terlebih dahulu maksud dan tujuan kedatangan kami. Kami menjelaskan tentang, Bagaimana cara menjadi diri sendiri? Bagaimana cara memahami diri sendiri? Bagaimana cara menerima kekurangan dan kelebihan didiri kita?

  Para siswa – siswi begitu antusias mendengarkan kami ketika menyampaikan materi. Kami memberikan kesempatan kepada siswa – siswi di dalam kelas itu untuk bertanya mengenai materi yang telah dijelaskan. Kami juga  memberikan kesempatan untuk mereka yang  ingin mengemukakan pendapat  mengenai pemahaman mereka tentang materi yang kami bawakan. Beberapa siswa memberikan pendapatnya dan memberikan pertanyaan  kepada kami dan kami pun memberikan jawaban.

 Selingan game kami sajikan untuk mencairkan suasana. Kami memberikan games berupa teki-teki dengan tujuan agar mereka tidak bosan dan tetap fokus mendengarkan kami. Para siswa sangat bersemangat untuk menjawab teka-teki yang kami berikan. Kami memberikan kesimpulan dari materi yang telah kami bawakan di akhir games. Hadiah berupa bingkisan kami berikan sebagai tali kasih atas kebersamaaan belajar dalam kegiatan ini.


    Para siswa merasa materi dan informasi yang kami berikan sangat bermanfaat dan menambah wawasan mereka khususnya mengenai Psikologi.  Kami merasakan bahwa kegiatan ini sangat berkesan karena bisa berbagi ilmu kepada orang lain, dan kami mendapatkan pengalaman baru yaitu bagaimana harus  tampil di depan banyak orang dengan penuh percaya diri dan semangat.

       Jadi dikegiatan ini, bagi kami bukan hanya memberikan pemahaman kepada siswa-siswi sekolah tentang pentingnya menjadi diri sendiri. Tetapi juga, sebagai tempat dimana kami mengasah kemampuan dan  pemahaman dari apa yang sudah kami terima selama perkuliahan. Sehingga kami harus bisa memahami diri sendiri terlebih dahulu sebelum memberikan pemahaman kepada mereka.


1. Ingga Octiana (19310410007)
2. Poppy Intan Permatasari (19310410013)
3. Novrizal Alifudin (19310410014)
4. Mohammad Evansyah (19310410049)
5. Tirsa Venta Han (19310410058)

Dosen Pembimbing: FX. Wahyu Widiantoro., S.Psi. MA

0 comments:

Post a Comment