24.3.20

Pentingnya Kesadaran akan Covid-19 

Yudit Ilham Ramadhana/19310410018
Dosen Pembimbing : Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A 
Psikologi Umum 2

           Penyebaran virus corona atau covid-19 masih menjadi topik hangat yang diperbincangkan dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyatakan wabah corona sebagai pandemi global karena cepat dan luasnya penyebaran virus ini. Kurun waktu 3 bulan, virus ini telah menjangkit beberapa negara dibelahan dunia, termasuk Indonesia (Kompas, 18 Maret 2020).
            Hingga saat ini, yang bisa kita lakukan hanyalah pencegahan, karena belum ditemukannya obat untuk kesembuhan pasien yang terpapar covid-19. Berbagai negara pun sudah menerapkan sistem Lockdown demi memutus penyebaran dari virus ini. Negara Indonesia sendiri, berbagai intansi, sekolah dan kampus pun sudah mulai dikosongkan demi meminimalisir covid-19. Pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan aktifitas dirumah, seperti bekerja, beribadah dan melakukan aktifitas belajar dirumah saja. Masyarakat diharapkan mengikuti himbauan pemerintah untuk melakukan aktifitas dirumah, akan tetapi masih banyak masyarakat yang mengisi kekosongan aktifitas bekerja dan sekolah dengan liburan (Merdeka , 23 Maret 2020).
          Masyarakat diharapkan tidak hanya mengikuti arahan dari pemerintah saja, tetapi masyarakat perlu akan adanya rasa empati antar sesama. Covid-19 membuat masyarakat panic buying atau membeli sesuatu untuk ditimbun. Banyak diantara mereka yang tidak sadar dengan panic buying tersebut. Masyarakat melakukan panic buying untuk membeli alat atau obat-obatan untuk terhindar dari covid-19, seperti masker, jahe, madu, dan bahkan alkohol murni untuk membuat hand sanitizer sendiri karna terjadi kelangkaan di minimarket maupun swalayan-swalayan, sehingga terjadi ketimpangan untuk menghindari covid-19. Kelangkaan alat dan obat-obatan terjadi karena penimbunan atau panic buying yang dilakukan segelintir orang tanpa rasa empati pada orang lain yang belum mendapatkan obat atau alat untuk menghindari covid-19. Masyarakat dalam hal ini harus bekerja sama untuk melawan covid-19, yaitu dengan mengikuti arahan dari pemerintah dan menumbuhkan kesadaran berempati dengan sesama.

1 comment: