8.3.20

PSIKOLOGI BERBAGI: "BIJAK MENGGUNAKAN GADGET"


Menggunakan Gadget yang Bijak?,Kenapa Tidak!
Exwati Miatari            ( 19310410030 )
Ahmad Prasetiyo        ( 19310410029 )
Electra AlnurinMarta  ( 19310410004 )
                                                Ahmad Ghozali           ( 19310410031 )
FX.WahyuWidiantoro, S. Psi., M.A






Berbagi adalah (shareing) secara bersama atas sumber daya atau ruang.Dalam arti sempit merujuk pada sebuah penggabungan secara baik, alternative, terbatas, atau in heren, Dapat kita amati dalam aktivitas manusia atau yang berlaku secara alami. Arti berbagi adalah member atau menerima sesuatu dari barang, cerita, kisah, uang, makanan, dan segala hal yang penting bagi hidup kita, Berbagi juga bisa kepada tuhan, sesame alam, dan setiap hal di bumi ini.
Pada hari jum’at, 28 Febuari 2020.Mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, melaksanakan kegiatan Psikologi berbagi di SMK Muhammadiyah Pakem.Kegiatan tersebut  memberikan pengalaman  baruyang sangat berkesan bagi kami. Dengan diadakannya acara tersebut,  kami dapat melihat secara langsung partisipasi mereka dalam menerima materi yang kami sampaikan. Kami disambut baik oleh pihak sekolah dan juga adik-adik SMK Muhammadiyah Pakem.Sebelum kami memulai kegiatan Psikologi berbagi. Kami bersama-sama memulainya dengan berdo’a agar diberikan kelancaran dan kemudahan dalam melaksanakan acara Psikologi Berbagi tersebut.Waktu menunjukkan bahwa kami harus segera bergegas menuju ruangan yang telah disiapkan. Tidak lupa juga kami segera menyiapkan segala hal yang di perlukan. Selang waktu 5 menit saja semuanya telah siap dan mulailah kami unjuk kebolehan. Saat penyampaian materi berlangsung, banyak dari mereka turut berpartisipasi aktif. Adik-adik SMK Muhammadiyah Pakem sangat berani untuk mengungkapkan pendapatnya terkait materi yang kami sampaikan. Hal tersebut membuat kami lebih bersemangat dalam menyampaikan setiap materi yang disampaikan.
Mengadakan acara Psikologi Berbagi memang tidak mudah bagi kami.Suka dan duka pasti kami dapatkan. Hal ini wajar ketika seseorang mengadakan sebuah acara. Suka karena acara dapat berjalan lancar. Duka ketika harus menghadapi sebuah tantangan. Seperti kami yang sudah berhasil mengadakan acara Psikologi Berbagi. Ada saja tantangan yang harus kami hadapi. Masih ada diantara adik-adik SMK Muhammadiyah Pakem hanya terdiam, tidur,dan tidak mau ikut berpartisipasi selama acara berlangsung .Hanya beberapa saja Adik-adik SMK Muhammadiyah Pakem yang tidak berpartisipasi. Hal seperti itu tidak menjadi hambatan dalam menyukseskan acara yang kami buat. Kami merasa masih banyak diantara mereka yang sangat penuh perhatian dan aktif dalam kegiatan tersebut.
Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan pada kegiatan yang akan datang. Ada baiknya kita lebih menyiapkan berbagai hal yang mungkin akan terjadi. Kita juga bisa meminimalisir dari sekarang dengan melakukan evaluasi. Evaluasi ini bertujuan agar tidak mengulangi kejadian yang sama dan juga mengoptimalkan dalam pembagian tugas.
Meskipun belum mampu mencapai angka 100% dalam menyukseskan acara tersebut. Kami merasa bangga, karena bisa melakukan pencapaian seperti saat ini. Berbagai persiapan telah kami lakukan seperti, menyiapkan materi yang menarik dan menambahkan tayangan video. Dengan harapan saat pemutaran video dapat memberikan contoh sekaligus hiburan untuk Adik-adik SMK Muhammadiyah Pakem.
Kami memberikan kenang-kenangan untuk SMK Muhammadiyah Pakem, sekaligus ucapan rasa terimakasih kepada Guru Bimbingan Konseling yang telah membantu kami mengadakan acara Psikologi Berbagi di SMK Muhammadiyah Pakem. Selain itu, kami memilih tema Penggunaan Gadget dengan Bijak, yang bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada Adik-adik SMK Muhammadiyah Pakem sekaligus menjadikan smarthphone yang ia miliki menjadi lebih bermanfaat dan tidak disalah gunakan dalam penggunaannya.
Agar acara Psikologi Berbagi ini lebih seru kami menyelenggarakan sebuah permainan yaitu, permainan psikologi warna. Harapan kami setelah Adik-adik SMK Muhammadiyah Pakem menuliskan warna kesukaannya dikertas yang telah disediakan, mereka dapat mengetahui karakter-karakter sesuai warna yang mereka sukai pada dirinya. Tujuan dari permaianan tersebut agar dapat dijadikan sebagai tolak ukur tentang kepribadian mereka sendiri untuk kedepannya. Untuk menyukseskan acara tersebut. Kelompok kami yang beranggotakan 4 orang yaitu, Ahmad Prasetiyo sebagai Moderator, Exwati Miatari sebagai Pemateri, Electra Alnurin Marta sebagai Pemateri, dan Ahmad Ghozali sebagai Notulen. Tanpa ada komunikasi yang baik acara Psikologi Berbagi tidak akan dapat terlaksana dengan lancar.
Kegiatan Psikologi Berbagi ini sangat mendukung pengembangan diri untuk Mahasiswa. Karena dengan adanya acara ini. Mahasiswa dapat belajar berkomunikasi dengan baik. Selain itu mahasiswa juga bisa lebih mengembangkan potensi pada dirinya, dan dapat menyalurkannya melalui kegiatan Psikologi Berbagi ini.

0 comments:

Post a Comment