24.3.20

MENGENAL APA ITU COVID-19


MENGENAL APA ITU COVID-19

Devi Nurmala Sari (19310410048)
Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pembimbing: Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A


 Penyakit coronavirus (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus yang baru ditemukan.


 Sebagian besar orang yang terinfeksi virus COVID-19 akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga sedang dan sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus. Orang yang lebih tua dan mereka yang terkena penyakit serius seperti diabetes, penyakit pernapasan kronis akan lebih rentan terkena virus ini.


 Cara terbaik untuk mencegah dan memperlambat penularan virus COVID-19 adalah melindungi diri anda dan orang lain dari virus ini dengan mencuci tangan atau sering menggunakan alkohol, sebelum mencuci tangan jangan menggosok ataupun menyentuh wajah anda.

 Virus COVID-19 menyebar terutama melalui tetesan air liur atau keluar dari hidung ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, inilah pentingnya berlatih etika saat bersin atau batuk (misalnya, dengan batuk pada siku yang tertekuk).

 Saat ini, tidak ada vaksin atau perawatan khusus untuk COVID-19.  Namun, ada banyak uji klinis yang sedang berlangsung untuk menguji virus ini. 

 Di Indonesia sendiri saat ini sudah lebih dari 680 orang yang positif Covid-19 dan sudah 55 orang meninggal dunia akibat virus Covid-19 ini. Padahal pemerintah sudah menghimbau untuk tidak melakukan aktivitas diluar kecuali memang tidak dalam keadaan darurat. Namun masih saja ada yang tidak mengindahkan himbauan dari pemerintah ini.

 Indonesia sendiri tercatat sebagai negara dengan tingkat kematian tertinggi di ASEAN, dengan tingkat kematian mencapai 55 orang. Seharusnya kita sudah mulai waspada dengan keadaan seperti ini.

 Tetap di rumah, bantu agar Indonesia maupun dunia terbebas dari virus mematikan ini.

Refrensi:

World Health Organization. 2020. https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1 diakses pada 24 Maret 2020.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. https://infeksiemerging.kemkes.go.id/ diakses pada 24 Maret 2020.

0 comments:

Post a Comment