30.3.20

Mengatasi kejenuhan anak ketika harus tetap dirumah saat pandemi covid-19


Mengatasi kejenuhan anak ketika harus tetap dirumah saat pandemi covid-19

Bagus Muhlisin / 19310410005
Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45
Dosen Pembimbing ; Eny Rohyati, S.Psi, M.Psi
Psikologi Perkembangan 1

Salah satu upaya pemerintah sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus convid-19 adalah dengan memberlakukan WFH (Work From Home) bekerja dari rumah, sehingga sebagai pekerja kantor pekerjaan yang biasa kita lakukan dikantor dapat menggantinya dengan bekerja dirumah. Dan untuk anak-anak sekolah juga telah diberlakukan belajar dirumah, anak-anak belajar melalui online dimana tugas diberikan lewat email maupun videocall guna mengganti tatap muka.
Nah untuk mengatasi kejenuhan anak yang sehari-hari harus berada dirumah berikut beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua ;

1.      Masak menu ala restoran
Salah satu yang bisa membuat anak bosen dirumah saja adalah ketika makanan yang disajikan kurang bervariasi, anak-anak cenderung akan minta jajan ketika menu dirumah dirasa itu itu saja. Nah mungkin ayah atau ibu juga bisa bergantian untuk memasak agar lebih bervariasi juga kita bisa mencari menu-menu masakan lewat majalah atau bisa dari youtube dan memilih menu masakan yang anak sukai. 

2.      Melakukan kegiatan seru
Nah mumpung dirumah, ketika yang biasanya orang tua sibuk ngantor bisa memanfaatkan masa ini untuk lebih mendekatkan hubungan emosional kepada anak, dengan bermain bersama anak  misalkan seperti main ular tangga, main kartu, puzzle, monopoli hingga tebak kata. Selain itu anda juga bisa berkreasi bersama anak membuat videorekaman yang sedang trending di media social, seperti wesing, tik-tok , dsb.

3.      Mengajak  mendekorasi kamar anak
Menghias kamar tidur akan menjadi aktivitas menyenangkan bagi anak, melibatkan anak sehingga kegiatan ini memiliki kegiatan pembelajaran sekaligus mengasah kreatifitas anak. Untuk anak usia SD kita bisa melibatkan ia untuk menempelkan stiker dinding pilihannya, atau bisa juga melibatkan ia belajar mengecat furniture kamar atau bahkan dinding kamarnya. Tentu dengan pendampingan dan pengawasan anda. Apabila keliru mengecat itu tidak masalah, namanya juga belajar sekaligus bereksplorasi.

Nah itulah beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua agar si anak bisa lebih betah dan kerasan dirumah di tengah pandemi covid-19. Semoga bisa bermanfaat dan kita terhindar dari virus yang berbahaya. Salam sehat stay in home dan tetap semangat.

Sumber;
https://www.liputan6.com/bola/read/4211652/tips-usir-rasa-bosan-di-rumah-di-tengah-pandemi-virus-corona

1 comment: