21.3.20

Jangan Panik Terhadap Virus Corona


Jangan Panik Terhadap Virus Corona



ditulis oleh :
Nama : Ahmad Prasetiyo
NIM : 19310410029
Dosen Pembimbing : FX. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A.

Virus Corona saat ini telah menginfeksi lebih dari 100 negara di dunia dan mengakibatkan 6.400 orang meninggal dunia. WHO pun telah menyatakan Virus Corona sebagai pandemi. Artinya, Virus Corona telah menyebar ke hampir seluruh dunia dan populasi dunia kemungkinan akan terkena infeksi dari virus ini. Jadi, sebagian dari populasi dunia akan jatuh sakit.
Apa itu Virus Corona?. Virus Corona atau COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini masih berhubungan dengan penyebab SARS dan MERS yang sempat merebak beberapa tahun lalu. Sampai saat ini belum diketahui penyebab dari Virus Corona, tetapi diketahui virus ini disebarkan oleh hewan dan mampu menjangkit dari satu spesies ke spesies lainnya, termasuk manusia. Diketahui Virus Corona berasal dari Kota Wuhan di China dan muncul pada Desember 2019.
Saat ini Virus Corona sudah berkembang di berbagai wilayah belahan dunia. Dampak dari berkembangnya Virus Corona juga di rasakan oleh Bangsa Indonesia. Di Indonesia sendiri, Virus Corona sudah menyebar dan berkembang di berbagai daerah. Salah satu daerah di Indonesia yang terkena dampak Virus Corona adalah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jakarta, CNN Indonesia (18/3/2020) -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan sejauh ini telah ada dua warganya yang positif terjankit Virus Corona. Pasien baru merupakan pria berusia 58 tahun diisolasi di RSUP Dr. Sardjito. Dengan demikian jumlah total pasien yang positif terinfeksi Virus Corona di DIY menjadi dua orang. Pasien pertama balita berusia 3 tahun yang pernah mengunjungi Kota Depok. Selain itu, ada 24 orang pasien dalam pengawasan.
Virus Corona masih menjadi trending topik di berbagai penjuru dunia.  Masyarakat saat ini merasa panik dan enggan bersosialisasi di masyarakat. Hanya karena Virus Corona ini semua masyarakat membatasi aktivitas di luarnya. Selain itu, masyarakat lebih cenderung memilih untuk berdiam diri di rumah. Saat ini pun sekolah-sekolah di berbagai daerah di Indonesia juga sudah diliburkan. Lagi-lagi, hal ini disebabkan oleh penyebaran Virus Corona.
Saat ini berbagai antisipasi terhadap Virus Corona sudah dilakukan oleh pemerintah. Salah satu imbauan pemerintah agar membatasi aktivitas mereka di luar. Terutama aktivitas yang melibatkan banyak masa. Lantas apa yang bisa di lakukan masyarakat untuk ikut berpartisipasi membantu pemerintah untuk meredam kepanikan dengan maraknya Virus Corona ini ?
Berikut 8 tips yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menghindari Virus Corona :
1.    Sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Pastikan tangan, jari, dan kuku bersih dari kuman.
2.    Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak bersih.
3.    Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
4.    Gunakan Masker.
5.    Bersihkan benda-benda di sekitar kita.
6.    Mengkonsumsi makanan bergizi dengan menu seimbang dan lengkapi asupan dengan buah serta sayur.
7.    Lakukan pula aktivitas fisik selama 30 menit per hari.
8.    ‘’Jangan lupa juga untuk istirahat cukup,’’ tambah Anung.

Virus Corona dapat menyerang siapa saja. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa ikut terserang. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kepanikan akibat Virus Corona ini. Jangan pernah takut untuk beraktivitas seperti biasa. Selalu terapkan pola hidup sehat dan bersih. Manfaat dari hidup sehat dan bersih adalah manfaat yang bersifat positif. Artinya hidup kita akan menjadi lebih baik apabila mampu menerapkan pola hidup sehat dan bersih.



Daftar Pustaka :












0 comments:

Post a Comment