19.3.20

INDONESIA POSITIF COVID-19 : BAGAIMANA TINDAKAN KITA?



Nama : Poppy Intan Permatasari
NIM : 19310410013
Mata Kuliah : Psikologi Umum II
Dosen Pembimbing : FX. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A


       Virus Corona atau COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui. COVID-19  pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Pada hari Senin, 2 Maret 2020  Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama virus corona di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, kasus pertama virus corona ini langsung mengenai dua warga negara Indonesia. Hal ini dikarenakan kedua pasien sempat melakukan kontak dengan WNA Jepang yang datang ke Indonesia (Liputan6.com, 2 Maret 2020). Semenjak pernyataan tersebut Warga Negara Indonesia mulai resah dan memborong persedian masker dengan hand sanitizer di toko swalayan maupun di apotek.

Semakin hari jumlah masyarakat di berbagai wilayah di Indonsia yang terinfeksi virus corona semakin meningkat dari 2 orang sampai sekarang menjadi 227 orang dan 19 diantaranya meninggal dunia. Untuk meminimalisir penyebaran virus ini ada beberapa kebijakan seperti berbagai Universitas dan Sekolah di Indonesia melakukan pembelajaran secara online selama 2 minggu kedepan.

Sampai saat  ini COVID-19 masih belum membaik, sehingga beberapa wilayah telah menyatakan statusnya sebagai wilayah tanggap darurat. Jadi bagaimana tindakan kita untuk menangani kondisi yang sedang terjadi sekarang ini? ada  tiga tindakan yang bisa kita lakukan.
1.     Mengurangi kegiatan diluar rumah. Jangan bepergian kemanapun untuk saat ini jika memang tidak terlalu penting, karena dengan mengkarantina diri sendiri itu bisa meminimalisir penyebaran virus ini.
2.      Menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Cucilah tangan dengan sabun secara teratur selama 20 detik. Jika kita melakukan tindakan ini maka bisa mengurangi resiko terjangkitnya virus ini.

3.   Menjaga stamina tubuh. Konsumsilah makanan bervitamin C agar imun tubuh tetap terjaga. Jangan panik berlebihan dengan membeli makanan yang justru membuat tubuh kita tidak sehat.

 Jadi, patuhilah himbauan yang telah diberikan oleh pemerintah dan instansi kesehatan karena bencana nasional ini merupakan tanggung jawab kita semua sebagai Warga Negara Indonesia. Jadi jangan biarkan bencana ini terus berlarut - larut, mari kita semua sama - sama beraksi untuk melawan bencana ini dan yakinlah bahwa kita Indonesia bisa menghadapinya seperti Warga Negara Wuhan, Vietnam, dan negara lain yang berhasil menghadapi COVID-19 ini.


DAFTAR PUSTAKA :
https://www.alodokter.com/virus-corona ( diakses pada tanggal 19 Maret 2020)




0 comments:

Post a Comment