30.3.20

DIRUMAH AJA JUGA BERMANFAAT

BAYU PRATAMA/19310410022
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pembimbing: Eni Rohyati S.Psi., M.Psi.

            Kurang lebih 2 pekan ini pemerintah Yogyakarta melaksanakan kebijakan social distancing, salah satunya dengan cara pelajar SD, SMP, SMA maupun tingkat kuliah untuk belajr dirumah masing-masing. Harapannya dengan tidak pergi ke sekolah anak-anak bisa beraktivitas di dalam rumah saja. Itu artinya, tidak bersekolah bukan berarti anak bisa bebas bermain di luar rumah.
            Bagi anak, belajar dan bermain hanya di dalam rumah bisa saja terasa membosankan. Alhasil, mereka pun jadi mudah merengek atau bahkan stres. Disini peran orang tua sangatlah penting untuk mengontrol kegiatan anak-anaknya dirumah untuk tetap belajar dan tidak bosan dirumah. Sebisa mungkin orang tua mencari cara bermain menarik, mengajak anak beraktivitas, sehingga bisa meminimalisir kebosanan pada anak (kumparan, 20 Maret 2020)
            Mengajari anak untuk cuci tangan dengan sabunyang baik dan benar, mengenalkan makanan yang baik untuk tubuh serta dengan mengajari anak untuk mencuci tempat makan dan minumnya merupakan cara yang bisa digunakan agar anak tidak bosan. Bukan hanya untuk edukasi anak hal tersebut juga bisa meningkatkan kedekatan orang tua dan anak. Orang tua juga harus menjelaskan mengapa kita harus hidup sehat tentu saja dengan bahasa yang mudah diterima anak. Kegiatan olahraga bersama anak juga bisa menurunkan tingkat stress anak, meningkatkan focus dan membuat anak lebih mudah tidur dimalam hari. (wolipop, 15 Juni 2016).
            Mengajak anak untuk membuat barang-barang sederhana dari benda-benda di rumah yang sudah tidak terpakai, Misalnya bisa mengajak si kecil membuat kreasi bingkai foto dari kardus bekas, membuat pot bunga dari botol-botol bekas, dan lain-lain. Mengerjakan prakarya juga bisa mengasah keterampilan dan kreativitasnya
            Ketika anak sudah mulai bosan, orang tua bisa mencoba permainan peran, Permainan ini memang cukup disukai anak-anak, sebab dia bisa menjadi tuan putri, tentara, atau menjadi pahlawan super favoritnya. Tak hanya seru, kegiatan bermain ini bisa meningkatkan kepercayaan dirinya dan berpengaruh juga terhadap emosinya. Menonton film favoritnya juga tentu membantu anak menghilangkan kebosanannya.
            Sekarang orang tua tidak perlu takut anaknya bosan dirumah karna tidak masuk sekolah. Mengajak bermain dan mengajari mereka hal-hal kecil yang berguna bagi mereka bisa mengatasi kebosanan anak dan itu sangat berguna bagi kesehatan anak. Menceritakan hal situasi yang ada sekarang ini malah menjadikan tekanan mental kepada anak. Sebisa mungkin anak tidak tertekan dengan situasi yang ada disaat ini.

Referensi:

1 comment: