30.3.20

COVID-19: Tips Agar Anak Betah Dirumah



STUDYING AT HOME IS ALSO FUN
PUTRI SARTIKA / 19310410001
Dosen Pembimbing  :  Eni Rohyati, M.Psi., Psikolog
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




      Pemerintah  dan berbagai pihak terkait terus mengajak masyarakat berada dirumah saja dan menjaga jarak dengan orang lain. Diharapkan langkah-langkah itu bisa menjadi solusi untuk meredam penyebaran Covid-19 yang telah mnjadi pandemi dunia. Mengingat himbauan untuk SFH ( study from home ) dan lebih banyak melakukan aktiftias di dalam rumah terkadang akan merasa bosan dan jenuh terutama untuk anak-anak. ( https://m.liputan6.com/bola/read/4211652/tips-usir-rasa-bosan-di-rumah-di-tengah-pandemi-virus-corona, diaskes 30 Maret 2020 ).

     Belajar jarak jauh dirumah berarti orang tua dan pengasuh memiliki peran penting untuk memantau kegiatan anak dirumah selama sekolah di liburkan. Berikut beberapa cara agar anak tidak bisan belajar dirumah :

1.      a. Menjelaskan Situasi Yang Sedang Terjadi Kepada Anak.
Jelaskan situasi yang terjadi saat ini pada anak mengenai social distancing dan aktivitas dirumah. Berikan pemahaman agar anak harus belajar dirumah.

2.      b. Belajar dan Bekerja Sama
Aktivitas orang tua yang harus bekerja dari rumah bisa digabungkan dengan belajar bersana anak. Anak akan merasa lebih adil dan terpacu untuk belajar ketika orang tua juga ikut bekerja sama. ( Ketika anak susah mengejerkan tugas dari sekolah atau ketika anak ingin orang tua menemaninya saat mereka belajar )

3.      c. Suasana Yang Nyaman
Buat suasana yang nyaman untuk bekerja dan belajar dirumah. Beraktifitas di rumah berarti memiliki kebebasan dan keleluasaan untuk bereksplorasi. Orang tua bisa megajak anak utuk belajar di ruang keluarga atau perkarangan rumah untuk mendapatkan udara yang terbuka. Menggunakan benda tambahan seperti : bantal, barang kesukaan anak, makanan ringan juga bisa dilakukan.

4.      d. Selingi Dengan Aktifitas Yang Menyenangkan.
Agar tidak membosankan, selalu siapkan aktifitas yang menyenangkan bersama anak. Aktiftitas ini dapat pula menjadi hadiah atau imbalan ketika anak menyelesaikan tugas atau materi yang diberikan dari Sekolah.

Aktifitas yang menyenangkan misalnya, bermain video game, menonton film. Jangan lupa mengajak anak beraktifitas fisik, misalnya belajar memasak, belajar berkebun dan berolahraga selama berkegiatan dirumah. ( https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200316115617-284-483798/8-cara-agar-anak-disiplin-belajar-di-rumah-saat-wabah-corona, diaskes 30 Maret 2020 )

Jadi orang tua tidak khawatir lagi ketika anak bosan dengan belajar atau bosan dirumah. Yang perlu kita lakukan kepada anak di situasi ini adalah berilah perhatian lebih kepada anak dan memberikan kegiatan yang positif dan menyenangkan agar anak tidak merasa bosan untuk tetap dirumah.

Referensi :

 

1 comment: