21.3.20

COVID-19 : SOCIAL DISTANCING


COVID-19 : SOCIAL DISTANCING


Nama : Nisa Armila Gunawan (19310410076)
Dosen Pembimbing : FX. Wahyu Widiantoro, S.PSI., M.A.
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA
     
Covid-19 (Corona Virus Disease) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus. Virus ini dapat menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Virus terebut mulai muncul di Wuhan, China lalu menyebar ke berbagai negara lainnya seperti Indonesia. (WHO, 9/3/2020)

Di Indonesia sendiri kabarnya terdapat 369 pasien yang positif virus corona. Sebanyak 32 orang di antaranya meninggal dunia, dan 17 orang dinyatakan sembuh (CNN, 20/3/2020). Angka tersebut membuat kecemasan masyarakat Indonesia semakin meningkat. Lalu bagaimana kita mengahadapi keadaan yang semakin hari semakin memburuk?

Hal paling utama yang harus diperhatikan adalah jangan sampai diri kita dikuasai oleh rasa ketakutan atau kekhawatiran yang berlebih, tetap stay calm. Menurut beberapa artikel cara pencegahan agar keadaan tidak semakin memburuk adalah dengan melakukan Social Distancing, yaitu serangkaian tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular. Tujuan dari Social Distancing ini adalah untuk mengurangi kemungkinan kontak antara orang yang membawa infeksi dan orang yang tidak terinfeksi sehingga dapat meminimalkan penularan penyakit. Kebijakan tersebut juga telah diterapkan oleh Pemerintah RI kepada masyarakatnya. (m.detik.com 21/3/2020)

Kelemahan dari adanya Social Distanding yaitu merasa kesepian, berkurangnya produktivitas dan hilangnya manfaat lain yang berkaitan dengan interaksi manusia. Meskipun begitu kebijakan ini efektif untuk mengurangi penyebaran virus covid-19. Selama melakukan Social Distanding, buatlah suasana-suasana yang nyaman bagi diri kita agar tidak mudah merasa bosan atau kesepian.

REFERENSI :
https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses (diakses 20 Maret 2020) 
https://m.cnnindonesia.com/ (diakses 20 Maret 2020)
https://m.detik.com/news/berita/d-4948016/cara-tepat-social-distancing-biar-penderita-covid-19-tak-makin-banyak (diakses 21 Maret 2020)


0 comments:

Post a Comment