30.3.20

COVID-19 PERAN SERTA ORANG TUA

  


ANDRI WIJAYANTO / 19310410023
Dosen Pembimbing  :  Eni Rohyati, M.Psi., Psikolog
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

    Virus korona atau covid-19 saat ini telah menginfeksi lebih dari 100 negara di dunia dan mengakibatkan 6.400 orang meninggal dunia. WHO pun telah menyatakan virus Corona sebagai pandemi. Artinya, virus Corona telah menyebar ke hampir seluruh dunia dan populasi dunia kemungkinan akan terkena infeksi dari virus ini. Jadi, sebagian dari populasi dunia akan jatuh sakit.
   
   Sebagai bagian dari upaya menekan penyebaran virus corona, pemerintah mulai mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing. Social distancing adalah mengurangi interaksi orang dalam jumlah besar, hingga bisa memperkecil peluang penularan upaya ini bertujuan untuk mencegah supaya virus itu tidak menyebar. Banyak perkantoran dan sekolah di Indonesia mulai diliburkan. Pekerja sebagian bekerja dari rumah, pelajar juga diminta belajar di rumah. Dan pembelajaran kini di lakukan dengan metode online. Sehingga siswa tetap bisa belajar di rumah masing masing.

     bagi anak, belajar dan bermain hanya di dalam rumah tentu menjadi sesuatu yang membosankan. Bagi anak, hal tersebut seperti membatasi gerak yang biasanya mereka aktif dan suka akan lingkungan luar. Alhasil, ia pun jadi mudah bosan atau bahkan stress. Saat itu pula peran orang tua sangat diperlukan .orang tua tetap harus mengawasi anak dalam pembelajaran di rumah. Karena metode pembelajaran di ganti dengan metode online orang tua harus bisa mengantikan peran guru dalam pembelajaran . 

     Namun Anak di rumah tidak harus selalu dituntut belajar dan beraktivitas sendiri begitu saja. Untuk mencegah kebosanan pada anak kita bisa Mengemas kegiatan belajar ke dalam sebuah kegiatan seru seperti film, permainan, cerita, dan lagu. Kita juga bisa melibatkan anak pada kegiatan positif yang dapat mengedukasi anak . Misalnya kita bisa mengajarkan anak membuat hand sanitizer , memasak kue dan mengajak anak berdiskusi . Sembari melakukan kegiatan  kita bisa Memberi pengetahuan atau penjelasan kepada anak tentang apa itu COVID-19, bagaimana cara penyebaran dan penangananya. Sehingga anak akan paham mengapa tidak di perbolehkan keluar rumah.

Referensi :
https://www.liputan6.com/bola/read/4213520/5-cara-bantu-anak-untuk-memahami-pandemi-corona-covid-19 (di akses pada 30 maret 2020)
https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200316115617-284-483798/8-cara-agar-anak-disiplin-belajar-di-rumah-saat-wabah-corona (di akses pada 30 maret 2020)



1 comment: