24.3.20

Covid-19. Penularan kepada anak


 Covid-19:Penularan Covid-19 Terhadap.                     Anak


     Nabilla wahyu paramita/19310410093

                     Fakultas Psikologi 
    Universitas proklamasi 45 Yogyakarta

                    Dosen pembimbing: 
    FX.Wahyu Widiantoro,S.Psi.,M.A






 
     Penularan virus corona tidak memandang usia, mulai dari orang lanjut usia hingga anak-anak   bisa terkena penyakit dengan nama resmi COVID-19 ini. Di Indonesia, pemerintah pun sudah mengumumkan ada pasien yang positif corona dengan usia di bawah 5 tahun (balita).Kabar ini tentu membuat tidak sedikit orangtua panik akan merebaknya wabah corona di kalangan anak-anak. 
    Meskipun demikian, Pusat Penanganan dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan anak-anak bukanlah golongan yang paling berisiko terkena virus baru ini. Di Indonesia, hingga Jumat (13/3), terdapat 69 orang yang terjangkit virus corona, dua di antaranya adalah anak-anak. Masing-masing anak berusia 2 tahun dengan kondisi fisik sedang dan bocah berusia 3 tahun dengan kondisi fisik ringan-sedang.karena terduga orang tuanya juga terkena covid-19 ini.
Karena itu kita sebagai orang tua harus bisa memberikan pengertian tentang apa itu virus Corona, dan memberi tahun apa saja efek yang akan terjadi jika anak melakukan larangan, karena itu kita sebagai orang tua harus selalu mengajarkan atau membiasakan diri memberitahu dan mencontohkan bagaimana pentingnya menjaga kebersihan contohnya:
1.Membuang sampah pada
Tempatnya
2.Ajarkan anak mencuci tangan
Dengan benar
3.Hindari bermain di keramaian 
4.selalu gunakan masker saat pergi
5.Ajak anak untuk berolahraga
6.Minum dan makan yang bergizi
7.Dan jangan ajak anak keluar rumah
Saat tidak ada kepentingan.

    


Referensi :

 https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/specific-groups/children-faq.html
(Diakses pada 13 Maret 2020)                                                                                                          Health. https://kidshealth.org/en/parents/coronavirus.html
Diakses pada 13 Maret 2020,Healthline. https://www.healthline.com/health-news/coronavirus-may-less-harmful-for-children-pregnant-women
(Diakses pada 13 Maret 2020)




0 comments:

Post a Comment