26.3.20

COVID-19 MENDUNIA, KULIAH DARING JADI SOLUSI


Oleh : 
Tirsa Venta Han 
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 
Yogyakarta 



Virus Corona atau COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini masih berhubungan dengan penyebab SARS dan MERS yang sempat merebak beberapa tahun lalu. COVID-19 ini telah merajalela mulai dari Wuhan Cina, sampai ke 168 negara di dunia termasuk Indonesia.  Ribuan orang telah terinfeksi dan meninggal akibat virus ini. Indonesia dinyatakan sebagai negara terinfeksi pada awal Maret 2020. Pernyataan itu kemudian membuat masyarakat Indonesia panik dan tidak tenang.  Masyarakat pun mulai melakukan hal-hal konyol  dari menimbun masker dan hand sanitizer hingga panic buying.

Pemerintah pusat sampai pemerintah daerah masing – masing wilayah pun membuat berbagai kebijakan sebagai upaya untuk meminimalisirkan penyebaran COVID-19 ini. Wilayah-wilayah di Indonesia yang sudah terinfeksi dan menyatakan status siaga darurat maupun kejadian luar biasa kemudian membuat kebijakan bagi semua institusi pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring). Sejak seminggu yang lalu pembelajaran daring juga telah dilaksanakan oleh Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Seluruh perkuliahan termasuk Psikologi Sosial I dilaksanakan daring melalui  E-learning, Google Classroom, Grup Whatsapp, Facebook dan lainnya.

Perkuliahan Psikologi Sosial I yang biasanya dilakukan secara tatap muka, pada akhirnya harus dilaksanakan daring melalui facebook semenjak mewabahnya COVID-19 ini. Penyampaian materi secara tatap muka tentu saja berbeda dengan penyampaian materi secara daring. Saat tatap muka mahasiswa sangat bersemangat dalam berinteraksi dengan dosen pengampu. Dosen pengampu juga selalu memberikan pemahaman yang baik untuk mahasiswa yang bertanya. Gaya pembelajaran dosen pengampu  yang selalu interaktif dengan mahasiswa membuat proses perkuliahan ini terlihat lebih menarik.

Seluruh proses perkuliahan termasuk perkuliahan Psikologi Sosial I didukung oleh fasilitas fisik Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang memadai. Fasilitas – fasilitas tersebut seperti ruang kelas yang luas dan lengkap, ber-AC, memiliki kursi yang nyaman, memiliki LCD proyektor, dan juga memiliki perpustakaan dengan buku yang cukup lengkap yang bisa digunakan mahasiswa sebagai referensi untuk seluruh perkuliahan. Hal – hal ini tentu sangat membantu mahasiswa dalam proses perkuliahan secara tatap muka dibanding dengan perkuliahan secara daring.

Perkuliahan secara daring didukung oleh semua mahasiswa. Semua mahasiswa pun melaksanakan perkuliahan dari kediamanan masing-masing tanpa harus bertatap muka secara langsung di kampus. Tetapi dalam proses perkuliahan secara daring, kondisi jaringan wifi atau data seluler masing-masing mahasiswa selalu menjadi permasalahan. Terkadang jaringan yang lelet membuat akses ke server gangguan sehingga perkuliahan mahasiswa menjadi terganggu.  Hal ini selalu saja menjadi keluhan semua mahasiswa saat proses perkuliahan secara daring berlangsung.

Apa yang  bisa dilakukan mahasiswa agar pembelajaran secara daring ini berjalan baik? Ada tiga hal sederhana yang harus diterapkan mahasiswa.
  1. Siapkan fasilitas penunjang seperti kuota internet, aplikasi penunjang, Handphone atau laptop atau komputer, dan jangan lupa siapkan buku catatan untuk mencatat hal penting yang disampaikan.
  2. Sesuaikan jadwal kalian. Saat perkuliahan daring dimulai pastikan kalian benar – benar menyiapkan diri di rumah bukan berlibur atau jalan – jalan
  3. Update pengumuman. Pantau terus aplikasi penunjang kalian agar tetap mendapatkan informasi terbaru mengenai jadwal perkuliahan dan materi yang akan disampaikan.
Segelintir orang masih menganggap bahwa kuliah daring ini kurang efektif. Hal itu dikarenakan penyampaian materi dianggap tidak maksimal sehingga  mahasiswa menjadi tidak paham benar materi tersebut. Tetapi kuliah daring ini merupakan kebijakan pemerintah yang dianggap paling efektif karena pembelajaran mahasiswa tetap dapat berlangsung tanpa di tunda. Jadi demi melawan bencana nasional ini, mari kita sama – sama melaksanakan himbauan pemerintah untuk sosial distancing dengan melaksanakan daring dan mempersiapkan semua hal yang mendukung proses daring agar seluruh perkuliahan  termasuk Psikologi Sosial I tetap dapat  berjalan dengan baik.

0 comments:

Post a Comment