24.3.20

COVID-19: JANGAN PANIK! AND STAY HEALTY





Beatrice. A. J. C. Randan
19.310.410.040
Universitas Proklamasi 45
Dosen Pembimbing : Fx Wahyu   Widiantoro, S.Psi.,M.A.


Awal tahun 2020, dunia diguncangkan dengan tersebarnya wabah yang diketahui wabah tersebut berasal dari Wuhan, China. Yaitu COVID-19 (Corona Virus Disease 19) Yang merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona (World Healty Organization, 23 maret 2020). (Liputan6, 18 maret 2020) Penyakit ini termasuk golongan yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).
                                                                             
Menurut World Health Organization (WHO), COVID-19 menular melalui orang yang telah terinfeksi virus corona. Penyakit ini dapat dengan mudah menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk. Tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang lalu disentuh dan orang sehat tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut mereka (CNBC Indonesia, 23 maret 2020). Virus ini sudah tersebar hampir keseluruh dunia. Salah satunya negara kita sendiri, yaitu Indonesia.

Di Indonesia sendiri, jumlah kasus virus corona terus meningkat. Hingga Senin (23/03), 579 orang dinyatakan terjangkit, 49 di antara mereka meninggal dunia. Sementara yang sembuh sebanyak 30 orang. Berdasarkan data terbaru, virus corona telah menyebar ke-22 provinsi di Indonesia. Kasus terbanyak ada di DKI Jakarta dengan jumlah 353 orang (BBC, 23 maret 2020). Berita ini membuat panik masyarakat Indonesia dan terciptalah keegoisan. Masyarakat dengan cepat memborong masker dan hand sanitizer di apotik dan swalayan dengan jumlah yang sangat banyak tanpa memperdulikan orang lain yang lebih membutuhkan. Padahal pemerintah hanya menghimbau masyarakat untuk tetap dirumah, rutin mencuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga kesehatan.

Apakah dengan panik kita bisa melawan virus tersebut? Jawabannya tidak. Mengapa? Karena dengan panik, itu hanya merugikan masyarakat yang lain. Lalu bagaimana cara kita  melawan COVID-19 yang sedang mengguncang dunia?. Cara terbaik untuk melawan penyakit tersebut yaitu :
  • ·         Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah menyentuh fasilitas publik.
  • ·         Hindari kerumunan yang membatasi ruang gerak.
  • ·         Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.
  • ·         Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
  • ·         Menjaga imunitas tubuh
  • ·         Bersihkan dan disinfeksi permukaan barang-barang yang sering disentuh

(CNN Indonesia, 23 maret 2020)
(CDC, 18 maret 2020)
Maka dari itu, kita sebagai masyarakat Indonesia jangan panik dengan kedatangan COVID-19 ini, kita harus bisa melawan untuk melewatinya tanpa adanya keegoisan untuk melindungi diri sendiri. Mari kita bersama-sama saling mendukung dan saling membantu.


0 comments:

Post a Comment