17.3.20

Bijak Dalam Menggunakan Gadget


Bijak Dalam Menggunakan Gadget


  




Psikologi Berbagi merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara bersama oleh Mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Arti dari kata berbagi yaitu memberi sesuatu dari barang, cerita, dan ilmu. Psikologi Berbagi merupakan kegiatan yang sangat menantang bagi kami. Kelompok kami melaksanakan kegiatan Psikologi berbagi di SMK Muhammadiyah Pakem, pada hari Jum’at, 28 Febuari 2020.

Kami memilih tema yaitu Bijak Dalam Menggunakan Gadget, yang bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada adik-adik siswa agar smarthphone yang mereka miliki menjadi lebih bermanfaat dan tidak disalah gunakan. Kelompok kami beranggotakan 4 orang yaitu, Ahmad Prasetiyo sebagai Moderator, Exwati Miatari sebagai Pemateri, Electra Alnurin Marta sebagai Pemateri, dan Ahmad Ghozali sebagai Notulen.

Kami mengawali kegiatan tersebut dengan berdoa bersama agar diberikan kelancaran dan  kemudahan dalam melaksanakan kegiatan. Saat penyampaian materi banyak dari siswa yang berpartisipasi secara aktif. Adik-adik siswa sangat berani untuk mengungkapkan pendapatnya. Hal tersebut membuat kami lebih semangat dalam menyampaikan setiap materi.

Agar acara lebih seru maka kami mengajak siswa untuk bermain bersama melalui permainan psikologi warna. Permainan dilaksanakan dengan cara para siswa menuliskan warna kesukaannya di kertas yang telah disediakan untuk diartikan secara bersama-sama mengenai karakter masing-masing individu sesuai warna yang disukainya. 

Kami merasakan suka dan duka dalam mengadakan acara ini. Suka yang kami rasakan yaitu karena acara dapat berjalan lancar. Duka karena harus menghadapi sebuah tantangan. Salah satu duka yang kami rasakan yaitu masih ada diantara adik-adik siswa hanya terdiam, tidur, dan tidak mau ikut berpartisipasi selama acara berlangsung. Kondisi tersebut seakan menjadi cambuk bagi kami untuk terus berlatih agar lebih menarik perhatian siswa saat kami menyampaikan materi dan permainan.

Evaluasi ini bertujuan agar hal-hal yang belum optimal dalam pelaksanaan kegiatan ini, dapat lebih dioptimalkan pada pelaksanaan kegiatan berikutnya. Kegiatan Psikologi Berbagi ini sangat mendukung pengembangan diri untuk Mahasiswa. Adanya acara ini, kami dapat belajar berkomunikasi dengan baik. Kami juga bisa lebih mengembangkan potensi diri. Pada akhir kegiatan, kami memberikan kenang-kenangan sebagai rasa terima kasih kepada Guru yang telah memberikan waktu bagi kami untuk mengadakan acara Psikologi Berbagi di SMK Muhammadiyah Pakem.




Disusun oleh:

Electra Alnurin Marta  ( 19310410004 )
Ahmad Prasetiyo          ( 19310410029 )
Exwati Miatari              ( 19310410030 )
Ahmad Ghozali             ( 19310410031 )

Dosen Pendamping:
FX. Wahyu Widiantoro, S. Psi., M.A

0 comments:

Post a Comment