20.3.20

BERPIKIR POSITIF


BERFIKIR POSITIF DALAM MENGHADAPI COVID- 19

Oleh Ika Fatmawati
NIM 183104101185
Mata Kuliah Psikologi Abnormal
Dosen Pengampu Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., M.A.

Hari ini semua orang masih memusatkan perhatian pada Corona Virus Diseas atau Covid- 19. Info yang beredar di masyarakat tentang virus ini berhasil menyita seluruh perhatian mereka. Rasa khawatir, takut, dan cemas menyelimuti fikiran. Lebih parah dari itu ada yang panik sehingga melakukan sesuatu yang bisa merugikan diri sendiri dan individu lain.

Bagi seorang individu yang berpikir positif, covid-19 ini bukanlah sesuatu yang harus dicemaskan secara berlebihan. Berpikir positif merupakan cara berpikir yang bersumber dari hal-hal yang baik yang mampu memotivasi seseorang untuk membangun kehidupan yang lebih baik. Selain itu, berpikir positif juga dapat mengarahkan dan membimbing seseorang untuk meninggalkan hal-hal negatif yang bisa melemahkan semangat perubahan dalam jiwanya.

Individu yang dapat mengelola pikiran positif tidak hanya sekedar menerima kenyataan, tetapi dapat menyikapi kenyataan yang sudah terjadi dengan bijaksana dan fokus. Individu akan mencari hikmah dan mengambil pelajaran yang baik dari kasus pandemik global ini. Berpikir positif akan meminimalkan kecemasan. Dengan demikian tingkat stress juga akan menurun. 

Menurut penelitian di Universitas Queensland, sikap positif dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa membantu hidup lebih lama. Penelitian yang berlangsung selama dua tahun itu menemukan bahwa orang yang suka berpikiran positif cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Individu yang fokus berpikiran positif lebih mampu mengatasi situasi stress (Republika.co.id).

Berpikir secara positif disempurnakan dengan pembiasaan hidup bersih sehat (PHBS) yang sudah menjadi sebuah kebutuhan. Sekarang saatnya untuk disiplin dalam segala hal dengan memulai dari diri sendiri. Fokus dengan kesehatan dan keamanan diri sebagai antisipasi dan kewaspadaan. Fokus meningkatkan imunitas dalam tubuh kita dan keluarga.

Siswa dan mahasiswa yang menghadapi pembelajaran dalam jaringan atau online ada baiknya menyiapkan diri baik secara fisik, waktu maupun fikiran. Lakukan budaya hidup sehat, konsumsi vitamin C, mengkonsumsi buah dan sayur untuk menjaga kondisi fisik tetap baik. Sebaiknya tidak menunda- nunda pekerjaan agar tidak menumpuk dan memicu stress yang berlebihan. Imbangi dengan olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak ada seorangpun yang menginginkan terjangkiti virus Covid- 19. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha menjaga diri dan keluarga, selebihnya ada campur tangan Allah di dalamnya. Selalu berbaik sangka pada pada Allah, virus covid- 19 ini juga makhluk Allah. Semoga pandemik global ini segera berlalu dan kita bisa melakukan aktifitas dengan aman dan nyaman.

Referensi : 
-https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/15/02/18/njxjco-berpikir-positif-dapat-tingkatkan-kekebalan-tubuh (diakses 20 Maret 2020).

- Machmudati, A.,Diana,R. (2017). Efektifitas pelatihan berpikir positif untuk menurunkan kecemasan mengerjakan skripsi pada manusia, Jurnal Intervensi Psikologi 9 (1), 107-127.
 


0 comments:

Post a Comment